Analysis of Augmented Reality Utilization as Learning Media in Primary Schools
Abstract
Keywords
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30–38. http://dx.doi.org/10.15294/jpp.v38i1.30698
Asyarotin, E. N. K., Maulidya, N. I., & Dewanti, Y. A. (2018). Literasi Digital: Perilaku digital native dalam memanfaatkan cloud library. Seminar Nasional Prodi Ilmu Perpustakaan UM Literasi Digital dari Pustakawan untuk Merawat Kebhinekaan. Malang: Universitas Negeri Malang
Carolina, Y. Dela. (2023). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448
Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Shalma, S. (2022). Studi Literatur: implementasi metode drill sebagai peningkatan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4325–4336. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2800
Faiza, M. N., Yani, M. T., & Suprijono, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8686-8694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3901
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267
Nurislaminingsih, R., Rachmawati, T. S., & Winoto, Y. (2020). Pustakawan Referensi Sebagai Knowledge Worker. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 169-182. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.169-182
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Klaten: Tahta media group.
Hamidiyah, K, Y,. Yermiandhoko, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android Materi Keragaman Rumah Adat Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 08(05), 928-938. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35950
Inayah, M. E., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2023). Media Pembelajaran MUTIVI Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1108–1115. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5077
Kurniawan,H.M., Julianto, J. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ar “Augmented Reality” Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas 6 Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(06), 1401-1414. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47331
Purnamawati, M., Supriyad, Arfandi, A., Ponta, T., & Mukhlisin. (2021). Panduan Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Augmented Reality (Mar). Makasar: Universitas Negeri Makasar .
Rahmannisa, F., Rustini, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Memory Card Game Pada Pembelajaran Ips Kelas 4 Sd. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 62-73. https://dx.doi.org/10.26418/skjpi.v3i2.57571
Rahmawati, P. N., & Riyanto, Y. (2023). Pengembangan Media Android Augmented Reality Smart Card (AARSC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Sekolah Dasar. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1),687-700. https://mail.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/338
Shaumiwaty, S., Fatmawati, E., Sari, H. N., Vanda, Y., & Herman, H. (2022). Implementation of Augmented Reality (AR) as A Teaching Media in English Language Learning in Elementary School. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6332-6339. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3398
Suksma, C. W., Margunayasa, I. G., & Werang, B. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4261-4275. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2323
Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi aplikasi augmented reality dalam meningkatkan proses pengajaran siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489-499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595
Yuniawatika, Y., Nurlatifah, H., Anggraini, S. P., & Sunaryo, S. (2023). Penerapan Media HISAPP Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Materi Sejarah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2). https://doi.org/10.30651/aks.v7i2.10949
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
DOI: 10.55215/pedagonal.v8i1.9603 Abstract views : 146 views : 64
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Elsa Septiani Hidayat, Iis Nurasiah, Astri Sutisnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.