PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS GAMES DENGAN PENUGASAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU ALAMIAH DASAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, FKIP, UNIVERSITAS PAKUAN

Indri Yani, Lufti Hari Susanto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Alamiah Dasar dengan menerapan pembelajaran aktif berbasis permainan (games) dengan penugasan mind mapping.

            Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di program studi pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pakuan Bogor, bulan Juni - Agustus tahun pelajaran 2014/2015. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV kelas B dengan jumlah mahasiswa sebanyak 32 orang.

            Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tiap akhir siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah dikalibrasi.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran aktif berbasis permainan (games) dengan penugasan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar ilmu alamiah dasar. Hal tersebut terlihat dari perubahan rata-rata hasil belajar Ilmu Alamiah Dasar pada pra siklus yaitu 70 atau ketuntasan klasikal 45% dari 32 siswa. Pada siklus I menjadi 74,85 atau ketuntasan klasikal 74,87 dan pada siklus II mencapai81,56 atau ketuntasan klasikal 83,33.


References


Abdulah Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembalajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Bobbi DePorter dan Mike Hernacki. 2006. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Cetakan XXII. Bandung: Kaifa, PT mizan Pustaka.

Dananjaya, Utomo. 2011. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa

Danuprawiro, Marjani. 1999. Hubungan Antara Kemampuan Penalaran, Sikap Terhadap Diklat dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar. Jakarta

Darmodjo, Hendro. 2002. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka

Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teacing. Jakarta: Quantum Teacing.

Sugiarto, Iwan. 2004. Peta Konsep dalam model Konstruktivisme. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Syaodih Sukamdinata, Nana. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Wilis Dahar, Ratna. 1999. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagog.v3i1.983 Abstract views : 357 views : 352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.