BAHAN AJAR SEBAGAI BAGIAN DALAM KAJIAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
ABSTRAK
Makalah ini menelaah problematika pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan unsur bahan ajar. Bahan ajar yang dikaji dalam penelitian ini adalah buku ajar yang digunakan oleh guru sebagai bahan ajar yang dominan. Selain itu terdapat diktat dan modul sebagai bahan ajar lainnya untuk implementasi penyampaian materi. Berdasarkan penelaahan yang dilakukan, buku menjadi bahan ajar yang dominan digunakan oleh guru bahasa Indonesia.
Kata kunci: bahan ajar, buku, problematika pembelajaran bahasa
References
Agib, Z. (2004). Karya Tulis Ilmiah bagi Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Yrama Widya.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008).
Instrumen dan deskripsi penilaian buku teks pelajaran bahasa Indonesia SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan dan Badan Standar Nasional Pendidikan.
Kamaruddin. 1999. Beberapa pertimbangan penilaian bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia. Dalam Seminar Nasional dalam Rangka Dies Natalis XXXVIII IKIP Ujung Pandang, 13-14 juli
, di Kampus Gunungsari
Baru IKIP Ujung Pandang. Tarigan, H.G., Djago T. 1993. Telaah Buku
Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
DOI: 10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Refbacks
- There are currently no refbacks.