BAHAN AJAR SEBAGAI BAGIAN DALAM KAJIAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Siti Aisyah, Evih Noviyanti, Triyanto Triyanto

Abstract


ABSTRAK

Makalah ini menelaah problematika pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan unsur bahan ajar. Bahan  ajar yang  dikaji  dalam  penelitian  ini  adalah buku  ajar yang digunakan oleh guru sebagai bahan ajar yang dominan. Selain itu terdapat diktat dan modul sebagai bahan ajar lainnya untuk implementasi penyampaian materi. Berdasarkan penelaahan yang dilakukan, buku menjadi bahan ajar yang dominan digunakan oleh guru bahasa Indonesia.

 

Kata kunci: bahan ajar, buku, problematika pembelajaran bahasa


References


Agib, Z. (2004). Karya Tulis Ilmiah bagi Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Yrama Widya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008).

Instrumen dan deskripsi penilaian buku teks pelajaran bahasa Indonesia SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan dan Badan Standar Nasional Pendidikan.

Kamaruddin. 1999. Beberapa pertimbangan penilaian bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia. Dalam Seminar Nasional dalam Rangka Dies Natalis XXXVIII IKIP Ujung Pandang, 13-14 juli

, di Kampus Gunungsari

Baru IKIP Ujung Pandang. Tarigan, H.G., Djago T. 1993. Telaah Buku

Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v2i1.1838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.