PERANAN PEREMPUAN DALAM KUMPULAN CERPEN MITOLOGI: KAJIAN STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS PADA BUKU DEWI DURI DAN CAHAYA KUNANG-KUNANG

Karunia Fitriarti, Agatha Trisari Swastikanti, Sasongko S. Putro

Abstract


Tokoh perempuan seringkali digambarkan sebagai sosok yang pasif dan tidak berpengaruh di dalam cerita, terutama dongeng. Melalui penelitian ini, akan ditunjukkan adanya peran penting dalam diri tokoh perempuan meskipun tidak dijadikan sebagai tokoh utama di dalam alur cerita. Sekecil apapun keberadaannya, tindakan yang dilakukan oleh tokoh perempuan akan berdampak besar terhadap alur cerita dan tokoh-tokoh lainnya. Penelitian ini menggunakan teori strukturalisme Levi-Strauss untuk dapat menunjukkan adanya peranan penting dalam karakter tokoh perempuan dari enam cerita yang sudah terpilih. Keenam cerita tersebut adalah: (1) Dewi Duri; (2) Perihal Tiga Butir Telur Dewa Antaboga dalam Hikayat Ular dan Katak; (3) Dewi Pohung; (4) Perempuan Berambut Akar; (5) Dongeng Perlawanan di Sepanjang Tepi Sungai Ini Bernama: Antu Banyu; dan (6) Hikayat Bumi Pertiwi. Dengan menguraikan miteme dari setiap episode dalam cerpen tersebut, akan ditemukan relasi dan transformasi tindakan setiap  tokoh perempuan yang ada di dalamnya. Relasi tersebut akan menunjukkan adanya sikap tertentu yang selalu dilakukan, yaitu pengorbanan diri dan pemberi peringatan. Penelitian ini berfokus menganalisis penggambaran perempuan dari struktur dan miteme yang ada didalam cerpennya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggabungkan jenis analisis dan deskriptif, meliputi pendeskripsian data dengan memaparkan sinopsis dari masing-masing cerpen yang telah dipilih.


Keywords


Pengorbanan, Perempuan, Peringatan, Strukturalisme.

References


Jurnal

Asmarani, R. (2017). Perempuan Dalam Perspektif Kebudayaan. Sabda Volume 12, Nomor 1, 7 - 16.

Lima, T. S. (2000). Towards An Ethnographic Theory Of The Nature/Culture Distinction In Juruna Cosmology. Brazilian Review Of Social Sciences - Special Issue. No. 1, 44 - 52.

Buku

Ahimsa-Putra, H. S. (2013). Strukturalisme Levi-Strauss: Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Kepel Press.

Barker, P. (2018). The Silence of Girls. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Danadjaya, J. (1996). Folklor Indonesia. Jakarta: PT Temprint.

Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak Dua.

Kumpulan Cerita Rakyat Asia Tenggara. (2020). (N. Hanafi, Trans.) Yogyakarta: Penerbit Kakatua.

Jorgensen, J. (2014). Strategic Silences: Voiceless Heroes of Fairy Tales. In L. M. Campbell, A Quest of Her Own: Essays on The Women Hero in Modern Fantasy (pp. 15 - 34). Jefferson NC: McFarland & Company.

Kh., N. Y. (2009). Analisis Strukturalisme Levi-Strauss Terhadap Kisah Pedagang dan Jin dalam Dongeng Seribu Satu Malam. Adabiyyat, 307-334.

MacCORMACK, C. P., & STRATHERN, M. (1980). Nature, culture and gender. Cambridge: Cambridge University Press.

Nanda, D. S. (2014). The Portrayal of Women in the Fairy Tales. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 246-250.

Öntaş, Ö. C., & Tekindal, M. T. (2015). Women who sacrifice themselves for everybody: qualitative research. European Journal of Social Work, 1 - 15.

Patel, H. (2007). Gender Role Indocrinated Through Through Fairy Tales in Western Civilization. 1 - 67.

Prantiasih, A. (2014). REPOSISI PERAN DAN FUNGSI PEREMPUAN. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 - 6.

Puspitawati, H. (2013). Konsep, Teori dan Gender. In H. Puspitawati, Gender dan Keluarga: Konsep dan Realita di Indonesia (pp. 1 - 13). Bogor : PT IPB Press.

Putra, H. S. (2013). Strukturalisme Levi-Strauss Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: KEPEL PRESS.

Rajagopalachari, C. (2020). Ramayana dan Mahabharata. Yogyakarta: IRCiSoD.

Ratna, N. K. (2011). ANTROPOLOGI SASTRA: Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trisari, A., & Rustandi, Y. (2020). Simbolisme Transformasi Makna Pada Hikayat Kalilah dan Dimnah. Jurnal SALAKA, 1 - 20.

Triwikromo, T. (Ed.). (2020). Sehimpun Cerita Mitologis Dewi Duri dan Cahaya Kunang-Kunang. Jakart: Kepustakaan Populer Gramedia.

Wilhelmson, C. (2014). Feminist Fairy Tales. Linköping: Linköping University.

Artikel Online

Junitt, M. (2021, September 09). Why Are Kids Easily Scared? Because That’s How Brain Development Works. Retrieved Juni 17, 2022, from fatherly.com: https://www.fatherly.com/health-science/why-are-kids-easily-scared-brain-development

Lindberg, S. (2020, April 23). Maternal Instinct: Does it Really Exists? Retrieved Juni 27, 2022, from healthline.com: https://www.healthline.com/health/parenting/maternal-instinct

Rohter, L. (2009, November 07). Claude Lévi-Strauss’s Two-Part Harmonies. Retrieved Juni 16, 2022, from nytimes.com: https://www.nytimes.com/2009/11/08/weekinreview/08rohter.html


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v6i1.9585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.