ANALISIS LEVEL KOGNITIF PADA INSTRUMEN SOAL ASESMEN SUMATIF BAHASA INDONESIA JENJANG MADRASAH ALIYAH

Lisya Permatasari, Mokh Yahya, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis level kognitif asesmen sumatif bahasa Indonesia jenjang Madrasah Aliyah. Level kognitif yang terkandung dalam asesmen sumatif berupa LOTS, MOTS, dan HOTS. Jenis penelitian ini meggunakan metode studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini berupa instrumen soal asesmen sumatif bahasa Indonesia kelas X semester ganjil di Madrasah 1 Sragen. Data penelitian ini didapatkan melalui teknik baca dan catat. Sedangkan teknik pengumpulan data mengunakan peneliti menggunakan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Teknik cuplikan yang peneliti gunakan non porbably sampling yakni menganalisis semua data yang ada. Peneliti menggunakan teknik analisis data model interaktif Milles dan Huberman (2019). Dalam penelitian ini ditemukan presentase level kognitif asesmen sumatif sebanyak 22% Lower Order Thinking Skills (LOTS) terdiri dari 11 soal. Subkategori mengingat C1 sebanyak 11 soal, yaitu pada nomor soal pilihan ganda; 7, 12, 21, 22, 30, 35 menjodohkan; 1, 6, 8, 9, dan 10. Level kognitf asesmen sumatif sebanyak 56% Middle Order Thinking Skilss (MOTS) terdiri dari 28 soal, subkategori memahami (C2) sebanyak 15 soal, yaitu pada nomor soal pilihan ganda; 1, 2, 5, 8, 9, 11, 14, 17, 24, 25, 32, 33, nomor soal menjodohkan; 2, 3, dan 7. Menerapkan (C3) 13 soal, yaitu pada nomor soal pilihan ganda; 3, 4, 10, 13, 15, 18, 19, 23, 26, 27, 34, nomor soal menjodohkan, 4 dan 5. Level kognitif Higher Order Thinking Skills (HOTS) 22% terdiri 11 soal, Subkategori menganalisis (C4) 5 soal, yaitu pada nomor soal pilihan ganda, 16, 20, 29, 31 nomor soal esai 3. Menilai (C5) 2 soal yaitu pada nomor soal esai 2 dan 4, dan mencipta C6 4 soal, yaitu pada nomor soal pilihan ganda 6 dan 28, nomor soal esai 1, dan 5. Kesimpulan dalam penelitian bahwasanya asesmen sumatif bahasa Indonesia kelas X Madrasah Aliyah sudah memenuhi level kognitif yang ada bahwsanya level kognitif yang tersebar pad

Keywords


Level Kognitif, Asesmen Sumatif

References


Asrul, Rusydi Ananda, and Rosinta. 2014. Evaluasi Pembajalaran.

Hamalik, Oemar. 2019. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Rahmat, S. Ag, and M. Pd. n.d. Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Qodir, Abdul. 2017. Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: K-media.

Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Badung: Alfabeta.

Sulistiyowati, Eni. 2013. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8(2):311–30. doi: 10.21043/edukasia.v8i2.756.

Uno Hamzah. 2018. Assemen Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusuf. 2015. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Badung: Remaja Rosdakarya.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Asrul, Rusydi Ananda, and Rosinta. 2014. Evaluasi Pembajalaran.

Hamalik, Oemar. 2019. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Rahmat, S. Ag, and M. Pd. n.d. Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Qodir, Abdul. 2017. Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: K-media.

Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Badung: Alfabeta.

Sulistiyowati, Eni. 2013. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8(2):311–30. doi: 10.21043/edukasia.v8i2.756.

Uno Hamzah. 2018. Assemen Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusuf. 2015. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Badung: Remaja Rosdakarya.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Asrul, Rusydi Ananda, and Rosinta. 2014. Evaluasi Pembajalaran.

Hamalik, Oemar. 2019. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Rahmat, S. Ag, and M. Pd. n.d. Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Qodir, Abdul. 2017. Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: K-media.

Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Badung: Alfabeta.

Sulistiyowati, Eni. 2013. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8(2):311–30. doi: 10.21043/edukasia.v8i2.756.

Uno Hamzah. 2018. Assemen Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusuf. 2015. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Badung: Remaja Rosdakarya.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsalaka.v6i1.9825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.