PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWAKELAS VII SMP BUMI PUTRA CIBINONG BOGOR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Bumi Putra melalui penerapan model discovery learning serta mengetahui kendala yang dialami siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitan ini yaitu siswa kelas VII SMP Bumi Putra. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model discovery learning dapat meningkatkan dalam pembelajaran menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Bumi Putra dapat teruji kebenarannya, dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 51,03 berada pada tingkat penguasaan kurang mampu, sedangkan pada hasil postes nilai rata-rata 78,56 dengan tingkat penguasaan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh harga t0= 2,82dan d.b. = 34 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai tâ€. Nilai d.b. = 34 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitu d.b. 30 dan diperoleh harga to 0,99 = 2,45 dan harga to 0,05 = 1,69. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung yaitu 1,69 < 2,82 > 2,45.
Keywords
References
Ali, Adlan., dan Tanzili. 2006. Pedoman Lengkap Menulis Surat. Jakarta: PT Kawan Pustaka.
Nuryanti. 2010. Terampil Menulis Surat. Kab.Bandung: Angka
Satu.
Hasnun, anwar. 2006. Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan
SMA. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi Model
Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rohimah, Imah. 2017. Bupena Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Suharto. 2016. Model-model Pembelajaran IPA dan Implementasinya. Jakarta.
Suprihatiningrum, jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori &
Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Saddhono, Kundharu. 2014. Pembelajaran Keterampilan
Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Uno. B. Hamzah. 2008. Perencanaan
Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi
Aksara
Yanti, Prima Gusti., Fairuz Zabadi dan
Fauzi Rahman. 2016. Bahasa
Indonesia Konsep dasar dan
Penerapan. Jakarta: PT Grasindo.
DOI: 10.55215/triangulasi.v1i2.4455 Abstract views : 412 views : 210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.