ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS BERITA KELAS VIII SMP KABUPATEN BOGOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian model discovery learning dalam RPP teks berita kelas VIII SMP dengan teori model discovery learning. Serta untuk mengetahui penerapan model tersebut dalam pembelajaran di kelas. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dianalisis oleh peneliti berjumlah lima buah RPP yang didapat dari lima sekolah berbeda di wilayah Kabupaten Bogor yaitu SMP Negeri 2 Megamendung, SMP Negeri 1 Tamansari, SMP Negeri 2 Ciomas, SMP Negeri 3 Ciawi, dan SMP Negeri 1 Dramaga. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumen. Dokumen yang digunakan oleh peneliti yaitu RPP teks berita kelas VIII. Selain itu, peneliti juga menggunakan teknik triangulasi. Teknik tersebut digunakan untuk mengecek keabsahan data dari data yang telah ditemukan dan dianalisis oleh peneliti. Jumlah pertemuan yang dianalisis adalah 18 pertemuan sehingga data yang didapat oleh peneliti dari lima RPP tersebut yaitu sebanyak 112 data temuan. Hasil dari data yang telah dianalisis oleh peneliti menunjukkan bahwa sintak model discovery learning dalam RPP yang digunakan dalam pembelajaran teks berita di kelas belum sepenuhnya sesuai dengan langkah-langkah model discovery learning. Peneliti mendapatkan empat RPP yang dikatakan belum sesuai dengan langkah-langkah model discovery. Selain itu, terdapat satu RPP lagi yang tidak sesuai dengan model discovery learning. Hal tersebut di karenakan kegiatan pembelajaran yang digunakan pada langkah-langkah pembelajaran tidak merujuk pada langkah model discovery learning seperti yang telah ditentukan pada poin model pembelajaran dalam RPP tersebut.
Keywords
References
Afandi, M.; Chamalah, E.; dan Wardani, P.O. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press
Anggraini, W.; Indihadi, D. 2018. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Narasi di SD†dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 5 No. 1. 2018. hlm. 14
Chaer, A. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: PT Rineka Cipta
I.S. Putri; R. Juliani; I.N. Lestari. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa†dalam Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 6 No. 2. 2017. hlm. 92
Juwito. 2008. Menulis Berita dan Features. Unesa University Press
Kodir, A. 2018. Manajemen Pembelajaran Saintifik 2013 Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Bandung: Pustaka Setia
Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish
Nurdin, S.; Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Semi Atar, M. 1995. Teknik Penulisan Berita, Features, dan Artikel. Bandung: Bandung Mugantara
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan 27. Bandung: Alfabeta
Yunus, H; Alam, V.H. 2018. Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Deepublish
DOI: 10.55215/triangulasi.v2i1.5134 Abstract views : 746 views : 360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.