PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MELALUI MODEL PBL DI X TITL-1 SMKN 5 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menganalisis kaidah kebahasaan laporan hasil observasi melalui model Problem Based Learning di kelas X TITL-1 SMKN 5 Surabaya semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik SMKN 5 Surabaya. Berdasarkan sumber data, terdapat jumlah populasi sebanyak 36 peserta didik dengan teknik pengambilan data purposive sampling. Data penelitian diambil dari hasil belajar peserta didik kelas X TITL-1 SMKN 5 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Penelitian ini akan mengadopsi dua teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan menganalisis kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model PBL pada pembelajaran teks laporan hasil observasi meningkatkan kemampuan menganalisis kaidah kebahasaan teks dengan skor persentase rata-rata ketuntasan dari mulai prasiklus: 8,3%, siklus I: 66%, dan siklus II: 83,3%, (2) rata-rata nilai yang diperoleh dari prasiklus: 64,8, siklus I: 82,5, dan siklus II: 90.
Keywords
Problem Based Learning, menganalisis, teks laporan hasil observasi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.