PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FABEL
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya minat peserta didik dalam menulis, sulitnya mendapatkan ide, mengorganisasikan ide, dan mengembangkan ide. Selain itu, peserta didik kurang memahami struktur dan kebahasaan cerita fabel sehingga sering mengabaikan aspek tersebut ketika menulis cerita fabel. Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan menulis cerita fabel dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan menggunakan media gambar berseri pada peserta didik kelas VII C di SMPN 3 Bogor. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif . Hasil penelitiannya adalah (1) Terjadi peningkatan aktivitas guru dan peserta didik ketika diterapkannya model Problem Based Learning dengan menggunakan media gambar berseri; (2) Terjadi peningkatan hasil evaluasi menulis cerita fabel peserta didik kelas VII C. Pada tahap prasiklus dari 36 peserta didik hanya 10 peserta didik yang tuntas (28%) dan 26 peserta didik lainnya belum tuntas (72%). Siklus I peserta didik yang tuntas menjadi 27 peserta didik (75%) dan yang belum tuntas 9 peserta didik (25%). Kemudian, pada siklus II peserta didik yang tuntas mencapai 35 orang (93%) dan yang belum tuntas 1 peserta didik (3%).
Keywords
References
Alifia, dkk. (2022). “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi”. Jurnal Tuturan: Volume 11 Nomor 1 Halaman 6-11.
Aziz, Lara Febriana. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Fabel Menggunakan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran
Nurjanah. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesi Materi Teks Eksplanasi Melalui Model problem Based Learning di Kelas VIII C SMP Negeri 3 Bogor Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Bogor: SMPN 3 Bogor.
Sanjaya, Wina (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: KENCANA (Divisi Prenadamedia Group).
DOI: 10.55215/triangulasi.v3i1.8171 Abstract views : 296 views : 127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.