ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Nirwanti - Octaviani, Rizka Dwi Ranita, Intan Millenia Qadarsih

Abstract


Karya sastra adalah karya seni yang diciptakan menggunakan bahasa, seperti prosa, puisi, novel atau drama, dengan tujuan untuk mengungkapkan gagasan, emosi, pengalaman, atau pandangan tertentu. Karya sastra tidak hanya berfungsi sebagai hiburan semata, tetapi juga sering kali memiliki nilai estetika, filosofis, atau kritik sosial yang mendalam. Karya sastra juga mencerminkan budaya dan zaman mereka diciptakan, serta dapat memengaruhi pemikiran dan perasaan pembaca. Padahal karya sastra yang mengungkap kenyataan dan kebenaran yaitu novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Di dalam novel ini menceritakan tentang perjuangan seorang remaja yang mengidap penyakit kanker Rabdomiosarkoma stadium 3 dan ia harus menjalani kemoterapi. Walaupun ia tahu bahwa penyakit yang ia alami begitu parah, ia tetap memiliki semangat yang luar biasa untuk menjalani hidup untuk sehat kembali. Hal tersebut penulis tertarik untuk membuat artikel yang berjudul Analisis Nilai Sosial Novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Tujuan dalam pembuatan artikel ini untuk memaparkan nilai sosial yang bisa diterapkan di lingkungan sekolah ataupun masyarakat dan mengimplikasikan nilai sosial terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun nilai sosial yang akan dianalisis dalam novel ini yaitu, keberanian, empati dan pengampunan, pentingnya keluarga, kesetiaan dan persahabatan, penghargaan terhadap kehidupan dan religiusitas dan spritualitas. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif yang berbentuk data dalam bentuk kata, frase, kalimat dan dialog yang digunakan. Sumber penelitian ini diambil dari novel Surat Kecil untuk Tuhan yang diterbitkan oleh Inandra Publisher yang dicetak pada tahun 2012.

Keywords


nilai sosial, novel dan teori Zubaedi

References


Abdulsyani. 2002. Sosiologi: Skematika. Teori, dan Terapan. Cetakan Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Agendi, Deni. 2012. Citra Wanita dalam Novel Hati Sinden Karya Dwi Rahyuningsih (Kritik Sastra Feminis) dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Mataram: Universitas Mataram

Al-Ma‟ruf, Ali Imron. 2017. Pengkajian Sastra: Teori dan Aplikasi. Surakarta: Cv Djiwa Amarta.

Arikunto,S. Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.Bumi Aksara

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariska, Widya dan Amelysa, Uchi. 2020. Novel dan Novelet. Jakarta: Guepedia

Bambang, Rixky.2021. Sosiologi Sastra. Jakarta: Rizkybambang

Emzir. 2015. Teori dan Pengajaran Pengajaran Sastra. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Syahputra, Dwi. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: IMadeLaut

Ulfatin, Nurul. 2022. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Penelitan. Malang: MNC Publishing

Waluya, Bagja. 2021. Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/triangulasi.v4i1.8533 Abstract views : 35 views : 11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.