MEMAHAMI PESAN PERTANIAN DALAM PENGAJARAN DI SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN SISWA PEDESAAN TENTANG PERTANIAN

Yogaprasta Adi Nugraha, Mariana Rista Ananda Siregar, Muhammad Fadhilah Riandi Rachmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan pertanian dalam pengajaran antara guru dengan tingkat pengetahuan siswa tentang pertanian di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif korelasional, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar sosial yang dikaitkan dengan penelitian ini untuk mencari hubungan antara pesan pertanian guru-murid terhadap pengetahuan siswa tentang pertanian. Penelitian ini dilakukan di desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor dari Juni 2024 – Desember 2024. Teknik mengambilan data yang digunakan adalah observasi, angket/kusioner, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan jumlah sampel 150 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedalaman pesan dan perhatian pesan berhubungan dengan tingkat pengetahuan Siswa tentang pertanian.

References


Fiyana, I., & Nur’aeni. (2021). Pengaruh Intensitas Komunikasi Interpersonal Dokter Klinik Atletika Skincare Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2).

Indrawan, B. S. (2013). Intensitas Komunikasi Dengan Menggunakan Blackberry Messenger Ditinjau Dari Konformitas Dan Tipe Kepribadian Ekstraversion. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1–21.

Karso. (2019). Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 12 Januari 2019, 384.

Lesilolo. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Kenosis: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. Https://Doi.Org/10.37196/Kenosis.V4i2.67

Nugraha, Y. A., & Rizar Nugroho, D. (2021). Does Television Promote Deagrarianization? Understanding Rural-Youth Perception Towards The Agricultural-Livelihood Information On Television. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 19(01), 27–37. Https://Doi.Org/10.46937/19202133714

Nugraha, Y. A., & Siregar, M. R. A. (2019). Optimizing The Utilization Of Information And Communication Technology To Increase Farmers Bargaining Power In Ciasmara Village. Journal Of Community Engagement (Jce), 01, 5–10. Https://Doi.Org/10.33751/Jce.V1i01.1366

Nugraha, Y. A., Siregar, M. R. A., Satriani, I., Reza, M., & Nugroho, D. R. (2024). Do Teachers Still Teach Agriculture In Rural Areas? Students’ Perceptions Towards Agricultural Material In School And Its Correlation With Students’ Interest In Farming In Rural Areas. Nanotechnology Perceptions, 20(6), 79–92. Www.Nano-Ntp.Com

Nugraha, Y. A., & Supriatna, R. A. (2020). Pola Komunikasi Ritual Orang Tua-Anak Dalam Pewarisan Pengetahuan Dan Afeksi Terkait Pekerjaan Di Sektor Pertanian Padi. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(2), 208. Https://Doi.Org/10.33884/Commed.V4i2.1591

Nugraha, Y. A., Valdiani, D., Nugroho, D. R., & Abdillah, S. (2023). Elementary School And Agriculture Regeneration: Looking At Elementary School Students’ Perceptions Of Work In The Agricultural Sector And The Influencing Factors. Jhss (Journal Of Humanities And Social Studies), 07, 1001–1006. Https://Doi.Org/10.33751/Jhss.V7i3.9339

Rasmikayati, E., Setiawan, I., & Saefudin, B. R. (2017). Kajian Karakteristik, Perilaku Dan Faktor Pendorong Petani Muda Terlibat Dalam Agribisnis Pada Era Pasar Global Elly. 3(2), 134–149.

Salsabila, N. (2019). Hubungan Antara Interaksi Teman Sepermainan Dengan Citra Pertanian. Universitas Pakuan.

Siregar, M. R. A., Damayanti, N. A., Sugiana, D., & Khadijah, U. L. S. (2023). Measuring Communities’ Perceptions Towards The Socio-Economic Impact Of Community-Based Tourism Development Of Tourism Villages In Indonesia (Case From Bogor Regency, Indonesia). Journal Of Law And Sustainable Development, 11(11), E1964. Https://Doi.Org/10.55908/Sdgs.V11i11.1964

Siregar, M. R. A., & Hendri, E. (2019). Komunikasi Primer Dan Sekunder City Branding Primary And Secondary City Branding. Jurnal Sosial Humaniora, 10, 19–31. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30997/Jsh.V10i1.1602

Valdiani, D., Nugraha, Y. A., & Siregar, M. R. A. (2017). Attendance Of Mass Media And Parents In Defining The Value Of Agriculture In The Eyes Of Rural (Case Study Of Rural Youth At Horticulture Center In Cianjur Regency). Jhss (Journal Of Humanities And Social Studies), 1(1), 28–34. Https://Doi.Org/10.33751/Jhss.V1i1.370


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v30i2.11539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.