PERAN KOMUNIKASI DIGITAL DALAM GERAKAN SOSIAL KESEHATAN LINGKUNGAN: STUDI KASUS SERLOK BANTARAN CIKAPUNDUNG

Olih Solihin, Manap Solihat, Yudi Irfan Daniel

Abstract


Gerakan sosial berbasis lingkungan, seperti Serlok Bantaran Cikapundung, memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan lingkungan. Perubahan era digital telah membuka peluang untuk memperluas jangkauan kampanye lingkungan melalui strategi komunikasi yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi digital dalam strategi gerakan sosial Serlok Bantaran Cikapundung, dengan fokus pada kombinasi metode tradisional dan digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam. Data dianalisis untuk memahami strategi komunikasi yang diterapkan, hambatan yang dihadapi, serta solusi yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Serlok Bantaran berhasil memadukan komunikasi tatap muka melalui tokoh masyarakat dengan media digital, seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram, untuk menyebarluaskan pesan lingkungan. Inovasi seperti konten visual edukatif, tantangan digital, dan grup komunitas meningkatkan keterlibatan masyarakat lintas generasi. Tantangan seperti literasi digital rendah dan resistensi budaya diatasi melalui pelatihan, adaptasi lokal, dan insentif partisipasi. Kesimpulannya, kombinasi strategi komunikasi tradisional dan digital mampu menciptakan pendekatan yang inklusif dan adaptif, menjadikan masyarakat sebagai bagian aktif dalam konservasi lingkungan. Temuan ini memberikan wawasan bagi implementasi kampanye lingkungan serupa di era digital.

References


Anggreani, D., Purnomo, E. H., & Hidayat, D. (2021). Penguatan pendidikan karakter melalui literasi cina klasik Di Zi Gui dengan Pendekatan Teori Behavioristik. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(2), 147–158.

Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat, M. H., & Abadi, T. W. (2024). Strategi Komunikasi Visual Live Streaming Shopee JKT48 Zee dan Freya. Journal of Education Research, 5(4), 4473–4484.

Hollweck, T. (2015). Robert K. Yin.(2014). Case Study Research Design and Methods . Canadian Journal of Program Evaluation, 30(1), 108–110.

Irmansyah, R. R., & Afriani, A. L. (2024). Strategi Komunikasi Media Sosial untuk Mendorong Partisipasi Masyarakat pada Website Sajiwa Foundation. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(4), 282–297.

Lathifah, A. S. (2024). Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran konstruktivisme: Meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (Jurdikbud), 4(1), 69–76.

Muhsinah, M. (2024). Analisis peran dakwah sebagai alat transformasi sosial: Tantangan dan strategi komunikasi dalam konteks masyarakat modern. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1), 160–175.

Nachiappan, S. (2013). Peranan Teori Dual Coding dan Proses Kognisi Dalam Pengajaran dan Pembelajaran Melalui Kaedah Pedagogi Hermeneutik. Jurnal Pendidikan Bitara, 6, 1–15.

Putra, F. D., & Hajar, M. F. (2023). Segmenting, Targeting, Differentiation, dan Positioning pada Digital Campaign Instagram@ sebarkankebersihan. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 311–320.

Putri, I. R., & Pratiwi, E. (2022). Aktivisme digital dan pemanfaatan media baru sebagai pendekatan pemberdayaan masyarakat atas isu lingkungan. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 8(2), 231–246.

Rahmawati, A. A. D., Damayanti, R., & Anshari, D. (2018). Persepsi remaja terhadap kesan menakutkan pada peringatan kesehatan bergambar di bungkus rokok ditinjau dari Extended Parallel Process Model. Perilaku Dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 1(1), 10–22.

Rantona, S., Solihin, O., & Abdullah, A. Z. (2024). Digitalisasi Komunikasi: Dinamika Teori dan Transformasi di Era Digital. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 21(1), 407-419.

Setyawan, A. (2011). Bahasa daerah dalam perspektif kebudayaan dan sosiolinguistik: Peran dan pengaruhnya dalam pergeseran dan pemertahanan bahasa.

Solihin, O. (2023). Transformasi budaya digital: Interaksi komunikasi Interpersonal Penjual dan pembeli. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 29(1), 1-8.

Solihin, Olih ; Abdullah, A. Z. (2023). Komunikasi Kesehatan Era Digital: Teori dan Praktik. Prenada Media.

Syaribulan, S., & Akhir, M. (2015). Gerakan sosial masyarakat peduli lingkungan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 3(2).


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v30i2.11558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.