TANTANGAN LITERASI DIGITAL GENERASI Z: KAJIAN SISTEMATIC LIRATURE REVIEW

Anisti Anisti, Veranus Sidarta, Maharani Imran, Syatir Syatir

Abstract


Membentuk generasi Z sebagai kelompok yang sangat terhubung dengan dunia maya. Namun, kedekatan mereka dengan teknologi tidak otomatis berbanding lurus dengan tingkat literasi digital yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan secara sistematis berbagai tantangan literasi digital yang dihadapi Generasi Z, terutama dari dimensi kognitif, algoritmik, dan etis. Dengan menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dan protokol PRISMA, 10 artikel ilmiah yang relevan dan terbit dalam kurun waktu 2017–2024 dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Generasi Z menghadapi tiga tantangan utama: (1) rendahnya kemampuan berpikir kritis dalam mengevaluasi informasi digital, (2) keterpaparan terhadap bias algoritmik yang mempersempit wawasan informasi, dan (3) minimnya kesadaran etis dalam penggunaan media digital, termasuk persoalan privasi dan penyebaran hoaks. Temuan ini menyiratkan perlunya penguatan pendidikan literasi digital secara menyeluruh yang tidak hanya bersifat teknis, tetapi juga membekali Gen Z dengan pemahaman mendalam terhadap kerja algoritma dan etika digital. Literasi digital yang kontekstual dan multidimensi dapat menjadi kunci untuk membentuk generasi Kemajuan teknologi digital telah yang cakap, kritis, dan bertanggung jawab di era digital.

Kata kunci: algoritm; berpikir kritis, etika digital; generasi Z; literasi


References


Amelia, D. J., & Ulumu, B. (2019). Literasi Digital di Kalangan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Malang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 106–111. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.144

Arifin, S., Sari, D., & Wijaya, M. (2023). Comparative Analysis of Generation Z's Digital History Literacy in Indonesia. Survei komparatif terhadap mahasiswa di Indonesia.

Aveny, A. K. M., Mahendra, Y. T., & Saputra, D. (2023). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoax di Lingkungan Masyarakat Indonesia. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 32–43.

Chavan, D. (2023). Role of Social Media on Inculcating Life Skills Amongst Gen Z. Survei dan observasi penggunaan media sosial.

Digital Future Society. (2024). Gen Z and Digital Inclusion: Moving Beyond Digital Natives to Digital Citizens. Analisis kebijakan dan studi literatur global.

Guess, A., Nyhan, B., Lyons, B., & Reifler, J. (2018). Avoiding the echo chamber about echo chambers. Knight Foundation, 2(1), 1–25.

Haider, Z., & Rasheed, A. (2023). The Influence of Digital Marketing on Gen Z Consumer Behavior and Decision-Making. Studi kuantitatif dengan survei kelompok usia 18–24 tahun.

Ismail, D. H., & Nugroho, J. (2022). Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1300–1307.

Isnaini, N., Lestari, R., Fitria, P., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2024). Eksplorasi Literasi Digital Di Pesantren Pada Santri Gen Z. Ijccs, x, No. x (02), 104.

Ismail, D. H., & Nugroho, J. (2022). Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1300–1307.

Nugraha, A., & Suyanto, E. (2023). The Digital Culture Literacy of Generation Z Netizens as Readers, Producers, and Publishers of Digital Text Media. Studi kualitatif dengan analisis interaksi simbolik di media sosial.

Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., & Purnama, A. (2024). Science and Technology Ethics for Gen Z: Peningkatan Literasi Digital dan Kreativitas Menuju Karya Ilmiah Berkualitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wadah Publikasi Cendekia, 1(2), 24–33.

Rantona, S., Solihin, O., Abdullah, A. Z., Studi, P., Komunikasi, I., Komputer, U., Studi, P., Komunikasi, I., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2024). Digitalisasi Komunikasi: Dinamika Teori dan Transformasi di Era Digital, 21(1).

Shin, J., Lee, K., & Kang, H. (2023). Practicing Information Sensibility: How Gen Z Engages with Online Information. Studi etnografi digital pada komunitas online.

Solihin, O., & Nurul Bahriyah, E. (2021). Pemanfaatan Big Data Untuk Literasi Digital Mahasiswa Bandung. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 1–12.

Sukardi, S., Setiawan, R., & Harahap, H. (2022). The Urgency of Digital Literacy for Generation Z Students in Chemistry Learning. Studi kasus deskriptif di Universitas Pendidikan Mandalika.

Sukendro, G. G. (2020). Digitalisasi Komunikasi dan Analog Zaman. Digitalisasi Dan Humanisme Dalam Ekonomi Kreatif, 144.

Woke Waves. (2023). Gen Z and Online Privacy: Navigating the Trade-Off Between Convenience and Security. Studi kualitatif dengan wawancara semi-terstruktur.

Yakunina, E., & Nikonova, O. (2020). Genesis of Ethical Norms in the Digital Environment as a Factor of Socialization of Generation Z. Studi kualitatif dengan wawancara mendalam pada Gen Z.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v30i2.11870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.