Pengaruh Tayangan Youtube Video Eksperimen : Keliling Jakarta Mengukur Polusi Udara†tehadap Minat Penggunaan Transportasi Umum
Abstract
ABSTRAK
Saat ini, negara Indonesia sudah mempunyai beragam transportasi umum guna mendukung kegiatan warganya. Transportasi yang sudah ada di Indonesia seperti Commuterline, Light Rail Transit atau biasa disingkat (LRT), Mass Rapid Transit atau biasa disebut MRT, Bus AC Transportasi Daerah, serta transportasi daring (online berupa, motor online, mobil online).
DKI Jakarta berada di posisi keenam sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia, Jumat (13/9/2019) pagi, setelah di posisi ketiga. Berdasarkan pantauan dari laman AirVisual.com dari pukul 05.46 WIB posisi Indonesia turun ke urutan kelima dengan catatan angka 148 berdasarkan AQI atau indeks kualitas udara dengan status udara tidak sehat.
Video dalam akun youtube adalah hal yang menarik untuk dikaji dan diteliti. Karena dengan pembuatan video yang menarik, semua orang akan peduli ataupun mengikuti apa yang kita inginkan dalam makna video tersebut. Penyampaian informasi ini erat hubungannya dengan meningkatnya kesadaran akan manfaat yang dapat dipetik dari ketepatan penyampaian informasi pada masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tayangan youtube Video Eksperimen : Keliling Jakarta Mengukur Polusi Udara†tehadap minat penggunaan transportasi umum. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Menurut Hasan (2002:21), metode penelitian adalah cara atau jalan yang ditempuh sehubungan dengan penelitian yang dilakukan, yang memiliki langkah langkah yang sistematisâ€. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan, maka dapat diambil beberapa simpulan sebagai berikut :
Dari hasil analisis regresi terdapat nilai t sebesar 7,498 dan t tabel sebesar 1,984. Maka t hitung > t tabel (7,498 > 1,984) dengan level signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan antara tayangan youtube Video Eksperimen : Keliling Jakarta Mengukur Polusi Udara†terhadap minat penggunaan transportasi umum di RW 02 Kelurahan Jati, Jakarta.
Dari hasil analisis regresi, terdapat nilai R square sebesar 0,608 ini berarti bahwa pengaruh tayangan youtube Video Eksperimen : Keliling Jakarta Mengukur Polusi Udara†tehadap minat penggunaan transportasi umum adalah sebesar 60,8 % dan 39,2 % minat penggunaan transportasi umum dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis, seperti kekurangnyamanan, kejahatan, dll.
Kata Kunci : Youtube, Video Eksperimen, dan Transportasi Umum.
ABSTRACT
In Indonesia already has a variety of public transportation to support the activities of its citizens. Existing transportation in Indonesia such as Commuterline, Light Rail Transit or commonly abbreviated (LRT), Mass Rapid Transit or commonly called MRT, AC Bus Regional Transportation, and online transportation (in the form of online motorbikes, online cars).
DKI Jakarta is in sixth position as the city with the worst air quality in the world, Friday (9/13/2019) morning, after in third position. Based on observations from the AirVisual.com website from 05.46 West Indonesia Time, Indonesia's position dropped to fifth with a record number 148 based on the AQI or air quality index with unhealthy air status.
Videos in YouTube accounts are interesting things to study and research. Because by making an interesting video, everyone will care or follow what we want in the meaning of the video. Submission of this information is closely related to increasing awareness of the benefits that can be drawn from the accuracy of the delivery of information to the public.
This study aims to determine how much influence YouTube shows "Video Experiments: Around Jakarta Measuring Air Pollution" against the interest in using public transportation. In this study, the authors used quantitative research methods. According to Hasan (2002: 21), "the research method is the way or path taken in connection with the research conducted, which has systematic steps". Based on the results of research and processing, the following conclusions can be drawn:
The results of the regression analysis there is at value of 7.498 and t table of 1.984. Then t arithmetic> t table (7,498> 1,984) with a significance level of 0,000 <0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a significant influence between YouTube shows "Experiment Video: Around Jakarta Measuring Air Pollution" on the interest in using transportation general at RW 02 Kelurahan Jati, Jakarta.
The results of the regression analysis, there is an R square value of 0.608 which means that the influence of YouTube shows "Video Experiments: Around Jakarta Measuring Air Pollution" towards the interest in using public transportation is 60.8% and 39.2% interest in using public transportation is influenced by factors others that are not examined by the author, such as inconvenience, crime, etc.
KEYWORDS: Public Transportation, Video Experiments, Youtube
References
Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Bungin, Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Cangara, Hafied. 2003. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke-2. Jakarta: Balai Pustaka.
Bambang, Dwiloka dan Rati Riana. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasan, Iqbal. 2002. Pokok Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Morrisan. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana.
Mufid, Muhamad. 2008. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Priyatno, Duwi. 2008. Mandiri belajar SPSS. Jogjakarta: Mediakom.
Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi :Perspektif, Ragam & Aplikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ruslan, Rusady. 2006. Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogjakarta: Yayasan Pembangunan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
DOI: 10.33751/wahana.v26i1.2100
Refbacks
- There are currently no refbacks.