ANALISIS SEMIOTIKA TUBUH PEREMPUAN DI FOR HIM MAGAZINE EDISI INDONESIA

Mariana Rista Ananda Siregar

Abstract


Abstrak

Tubuh menjadi bagian dari semiotika komoditi kapitalisme yang diperjualbelikan tanda, makna dan hasratnya. Menjadikan perempuan sebagai komoditi media sama saja

’meminggirkan’ perempuan. Adanya peran konstruksi perbedaan gender menjadikan po­

sisi perempuan di dalam majalah pria dewasa dijadikan sebagai objek pemuas tatapan pria.

Penelitian menunjukkan bahwa Majalah For Him Magazine (FHM) edisi Indone­ sia dalam menampilkan profil selebritas perempuan Indonesia selalu mengaitkan dengan daya pikat tubuh mereka melalui teknik-teknik fotografi dan mode (fashion) pakaian yang digunakan oleh mereka di Rubrik Hot Stuff. Foto­foto di Rubrik Hot Stuff Majalah FHM yang diteliti cenderung menonjolkan bagian tubuh daerah wajah, leher, dada, lengan, le­ kuk tubuh, bokong, paha, betis dan punggung. Komodifikasi tubuh perempuan di dalam Majalah FHM jelas ada melalui proses signifiakasi penanda dan petanda yang ada kela tubuh perempuan menjadi objek tanda yang terdapat dalam suatu sistem tanda di suatu media, yaitu sistem ekonomi kapitalis

 

Kata kunci : semiotika, tubuh perempuan, komoditas media


References


Daftar Pustaka

Barthes, Roland. 2007. Membedah Mitos­mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol, dan Representasi. Yogyakarta. Jalasutra.

Denzin, Norman & Lincoln, Yvona

. 2000. Handbook of Qualitative Research.

2nd Edition Sage Publication. London

. 2009. Handbook of Qualitative Research. Sage Publication. London Eriyanto. 2005. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. .Yogya­

karta. LKis

Fiske, John. 2006. Cultural and Com­ munication Studies: Sebuah Pengantar Pal­ ing Komprehensif. Yogyakarta. Jalasutra.

Ibrahim, Idi Subandy, (ed).1997. Lifestyle Ecstasy: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditi Indonesia. Yogya­ karta. Jalasutra

. 2007. Budaya Populer sebagai Komunikasi: Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer. Yogyakarta. Jalasutra.

Ibrahim, Idi Subandy dan Hanif Suranto, (ed). 1998. Wanita dan Gender: Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung. PT Remaja Rosdakarya



Kusumaningrat, Hikmat & Kusuman­ ingrat, Purnama. 2005. Jurnalistik Teori dan Praktik. Rosda, Bandung.

Kasiyan. 2008. Manipulasi dan De­ humanisasi Perempuan dalam Iklan. Yog­ yakarta. Ombak.

Sudibyo, Agus, 2000. Citra Bung

Karno, Analisis Berita Pers Orde Baru. Yo­


gyakarta: Bigraf Publishing.

Prabasmoro, Aquarini. P.2006. Ka­ jian Budaya Feminis. Tubuh, Sastra, dan Budaya Pop. Yogyakarta & Bandung. Jalasutra.

Piliang, Amir P. 1998. Sebuah Dunia yang Dilipat. Tamasya Melampaui Batas­batas Kebudayaan. Yogyakarta & Bandung. Mizan.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v1i10.656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.