ANALISIS SEMIOTIKA TUBUH PEREMPUAN DI FOR HIM MAGAZINE EDISI INDONESIA
Abstract
Abstrak
Tubuh menjadi bagian dari semiotika komoditi kapitalisme yang diperjualbelikan tanda, makna dan hasratnya. Menjadikan perempuan sebagai komoditi media sama saja
’meminggirkan’ perempuan. Adanya peran konstruksi perbedaan gender menjadikan po
sisi perempuan di dalam majalah pria dewasa dijadikan sebagai objek pemuas tatapan pria.
Penelitian menunjukkan bahwa Majalah For Him Magazine (FHM) edisi Indone sia dalam menampilkan profil selebritas perempuan Indonesia selalu mengaitkan dengan daya pikat tubuh mereka melalui teknik-teknik fotografi dan mode (fashion) pakaian yang digunakan oleh mereka di Rubrik Hot Stuff. Fotofoto di Rubrik Hot Stuff Majalah FHM yang diteliti cenderung menonjolkan bagian tubuh daerah wajah, leher, dada, lengan, le kuk tubuh, bokong, paha, betis dan punggung. Komodifikasi tubuh perempuan di dalam Majalah FHM jelas ada melalui proses signifiakasi penanda dan petanda yang ada kela tubuh perempuan menjadi objek tanda yang terdapat dalam suatu sistem tanda di suatu media, yaitu sistem ekonomi kapitalis
Kata kunci : semiotika, tubuh perempuan, komoditas media
References
Daftar Pustaka
Barthes, Roland. 2007. Membedah Mitosmitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol, dan Representasi. Yogyakarta. Jalasutra.
Denzin, Norman & Lincoln, Yvona
. 2000. Handbook of Qualitative Research.
2nd Edition Sage Publication. London
. 2009. Handbook of Qualitative Research. Sage Publication. London Eriyanto. 2005. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. .Yogya
karta. LKis
Fiske, John. 2006. Cultural and Com munication Studies: Sebuah Pengantar Pal ing Komprehensif. Yogyakarta. Jalasutra.
Ibrahim, Idi Subandy, (ed).1997. Lifestyle Ecstasy: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditi Indonesia. Yogya karta. Jalasutra
. 2007. Budaya Populer sebagai Komunikasi: Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer. Yogyakarta. Jalasutra.
Ibrahim, Idi Subandy dan Hanif Suranto, (ed). 1998. Wanita dan Gender: Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Kusumaningrat, Hikmat & Kusuman ingrat, Purnama. 2005. Jurnalistik Teori dan Praktik. Rosda, Bandung.
Kasiyan. 2008. Manipulasi dan De humanisasi Perempuan dalam Iklan. Yog yakarta. Ombak.
Sudibyo, Agus, 2000. Citra Bung
Karno, Analisis Berita Pers Orde Baru. Yo
gyakarta: Bigraf Publishing.
Prabasmoro, Aquarini. P.2006. Ka jian Budaya Feminis. Tubuh, Sastra, dan Budaya Pop. Yogyakarta & Bandung. Jalasutra.
Piliang, Amir P. 1998. Sebuah Dunia yang Dilipat. Tamasya Melampaui Batasbatas Kebudayaan. Yogyakarta & Bandung. Mizan.
DOI: 10.33751/wahana.v1i10.656
Refbacks
- There are currently no refbacks.