POLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU ARDIYA COLLECTION DALAM PENJUALAN PRODUK FESYEN

Graha Wira Krida

Abstract


Pendekatan pola komunikasi yang digunakan secara eksternal merupakan sebuah langkah dalam hal organisasi melakukan komunikasi ke publik atau ke pasarnya mengenai program penjualan dalam prencanaan pemasaran terpadu yang telah disusun sebelumnya. Pola komunikasi organisasi dengan pihak publiknya ini memiliki kompleksitas yang cukup tinggi dan perlu dimaksimalkan supaya tujuan organisasi tercapai dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu memberikan gambaran tentang pola komunikasi organisasi dalam komunikasi penjualan terpadu dan aliran komunikasi yang dikembangkan dan dimanfaatkan oleh Ardiya Collection. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran terpadu (IMC), penerapan pola jaringan komunikasi organisasi, dan aliran komunikasi di dalam organisasi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif. Peneliti melakukan pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan menyusun kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pola komunikasi yang tengah dilaksanakan oleh Ardiya Collection yaitu pola bintang atau biasa dikenal pola semua saluran. Proses aliran komunikasi yang terjadi yaitu komunikasi horizontal.

References


Agustien, T. W., & Hapsari, D. R. (2018). Hubungan Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro

dan Kecil Kuliner Melalui Media Online dengan Perkembangan Usaha. Jurnal

Komunikasi Pembangunan, 16(1), 127.

Ambar sri lestari, mira maulani utami robert tua siregar ujang enas debi eka putri imanuddin

hasbi athik hidayatul ummah opan arifudin ita musfirowati hanika edwin zusrony reni

cairunnisah hetty ismainar syamsuriansyah ahmad bairizki. (2021). Teknologi Informasi

Dalam Organisasi Di Era Society 5.0. In Komunikasi Organisasi. Widina Bhakti

Persada. http://digilib.uinsgd.ac.id/40787/1/KOMUNIKASI ORGANISASI

CETAK.pdf

Keller, K. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran. CV Andi Offset.

Kurniawati, I., Wulan, R. R., Pamungkas, I. N. A., & Telkom, U. (2017). Pola Komunikasi

Pertemuan Offline Komunitas Insta Nusantara Bandung Communication Patterns of

Insta Nusantara Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(1), 31–42.

Morissan. (2013). Teori komunikasi individu hingga massa. Prenadamedia group.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (13th ed.). Alfabeta


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v29i1.8501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.