PERSEPSI PENONTON TERHADAP UNSUR KOMEDI SATIRE KEPADA PEMERINTAH DALAM PROGRAM ACARA LAPOR PAK TRANS 7

Mochamad Ridwan

Abstract


Penelitian ini menganalisa persepsi penonton terhadap unsur komedi satire kepada pemerintah dalam program acara Lapor Pak dengan studi kasus Aliansi Komite Revolusi Pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Objek dan populasi penelitian ini adalah Aliansi Komite Revolusi Pendidikan Indonesia. menggunakan purposive sampling, jumlah sampel ditetapkan 100 sampel atau responden penelitian menggunakan rumus Lemeshow. Responden didominasi oleh responden berusia 17-24 tahun sebanyak 84 orang, berjenis kelamin laki-laki 80 orang, sebagai pelajar atau mahasiswa 65 orang. Persepsi penonton aliansi Komite Revolusi Pendidikan Indonesia terhadap unsur komedi satire kepada pemerintah dalam program acara Lapor Pak memiliki respon positif. Hubungan antara karakteristik penonton (X1) dengan persepsi penonton (Y) pada semua indikator menunjukan tidak mempunyai hubungan antara kedua variabel tersebut. Terdapat hubungan pada indikator frekuensi menonton televisi (X2.1) terhadap variabel Y indikator Seleksi (Y1), namun tidak terdapat hubungan terhadap indikator Interpretasi (Y2) dan Reaksi (Y3). Indikator Durasi menonton televisi (X2.2) tidak terdapat hubungan terhadap variabel Y indikator (Seleksi, Interpretasi, Reaksi). Indikator frekuensi menonton Lapor Pak (X2.3) terdapat hubungan yang signifikan terhadap variabel Y indikator (Seleksi, Interpretasi, Reaksi), Juga terdapat hubungan yang signifikan antara indikator Durasi Menonton Lapor Pak (X2.4) terhadap variabel Y indikator (Seleksi, Interpretasi, Reaksi).

 


References


Abdullah, P. M. (2015). Living in the world that is fit for habitation : CCI’s ecumenical and religious relationships. In Aswaja Pressindo.

Akbar, K. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Atau Smartphone Samsung Jenis Andoid. Semarang , Universitas Diponogoro, 2015.

Bidinger. (2016). Makna Kerja Bagi Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini: Studi Fenomenologi Di Paud ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Dhananjaya, A. (2017). Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Berita/Informasi di Televisi Terhadap Perilaku Prososial Remaja. 1–40.

Febriyanti, D. A., & Tjahjono, T. (n.d.). MAKSIM KUANTITAS DALAM TUTURAN SATIRE KONTEN# DPO PADA AKUN INSTAGRAM@ BINTANGEMON.

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.2.79-86

Hasanah, N. (2017). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM ACARA INI TALKSHOW DI NET TV ( Studi Deskriptif Kuantitatif Persepsi Masyarakat Kelurahan Sidorame Barat II Terhadap Program Ini Talkshow di Net Tv ) SKRIPSI Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sa.

Iii, B. A. B. (2018). 3.2. Populasi dan Sampel 3.2.

Isnaien, A. (2011). Analisis program acara Kick Andy di Metro TV.

Janah, M. M., Fadhli, M., & Kristiana, D. (2019). Hubungan Intensitas Menonton Youtube Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Edupedia, 3(2), 110. https://doi.org/10.24269/ed.v3i2.304

Onainor, E. R. (2019). 済無No Title No Title No Title. 1(1984), 105–112.

Rahmadina, H. (2015). Perbedaan Perilaku Agresi Remaja Berdasarkan Gender Yang Tinggal Dengan Orangtua Tunggal Di Kota Sukabumi. Uiversitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/17244/5/S_PSI_1001779_Chapter3.pdf

Rahmiati, D. (2011). Satire Politik dalam Lagu “Andai Ku Gayus Tambunan”*. Interaktif: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2).

Santoso, A. (2016). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROGRAM TALKSHOW MATA NAJWA DI METRO TV (Study Deskriptif Kuantitatif Pada Mahasiswa LPM Pabelan UMS Terhadap Mata Najwa Periode 18 November 2015 - 15 Maret 2016). Publikasi Ilmiah, November 2015, 17. http://eprints.ums.ac.id/46212/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Siti Farmida, Ediwarman, E., & Tisnasari, S. (2021). Analisis Satire Dan Sarkasme Dalam Debat Capres 2019 Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Di Sma. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 189–202. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.131

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Volume, S. E. (2014). SCIENTIAE EDUCATIA Volume 3 Nomor 1 Juni 2014 11. 3, 11–20.

Wafi, M. A. (2020). Persepsi mahasiswa jurnalistik mengenai kritik Satire pada program" Mr. Kece" Opini. id: Studi deskriptif kualitatif persepsi mahasiswa jurnalistik angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

https://mojok.co/terminal/lapor-pak-penerus-acara-komedi-indonesia-yang-berkualitas/

https://www.trans7.co.id/about#profile


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v29i1.8502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.