Metode pengajaran TPR dalam pembelajaran matakuliah “tatabahasa/bunpou

Alo Karyati

Abstract


Abstrak

Dalam pengajaran bahasa asing ada banyak  metode pembelajaran yang sering pengajar gunakan. Misalnya: Metode terjemahan tata bahasa, metode langsung, metode audio visual, metode sugestopedia, metode silent way, metode TPR (Total Physical Response) dan masih banyak lagi. Dari banyak metode tersebut TPR merupakan salah satu yang sering dipakai  pengajar, terutama pada materi yang berhubungan dengan kata kerja, bentuk perintah, kata sifat sifat dan lain-lain. Metode pengajaran TPR (Total Physical Response) atau dalam bahasa Indonesia sering disebut “metode Respons Fisik Total” adalah metode pembelajaran yang lebih fokus pada gerak tubuh (motorik). Metode ini pertama dikembangakan oleh James Asher. Metode ini sering digunakan dalam matakuliah bahasa Asing. Metode ini lebih mengutamakan pada keaktifan siswa. Dalam Pembelajaran bahasa Jepang, metode TPR sering banyak digunakan pada saat mengajar   mata kuliah tata bahasa/bunpou.

Kata kunci : Metode. Pengajaran,  TPR (Total Physical Response), tatabahasa, bahasa Asing, gerak tubuh (motorik)


References


Sunendar, Dadang & Wassid Sunendar, 2006. Strategi Pengajaran Bahasa,. Rosda: Bandung

小林ミナ.1998. よくわかる教授法.株式会社アルク:東京

Tarigan, Henri Guntur, 1991. Tarigan, Metodologi Pengajaran Bahasa. Angkasa : Bandung

( https://anekawarnapendidikan.wordpress.com)


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v24i1.891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.