PERSEPSI PENGIKUT TIKTOK @BOGORDAILY.NET TERHADAP NILAI BERITA KRIMINAL GANGSTER BAWA SAJAM DI MEDIA BOGORDAILY.NET

Angelita Anyelir Winarto, Ratih Siti Aminah, Dini Valdiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pengikut TikTok @bogordaily.net terhadap pemberitaan kriminal viral gangster bawa sajam buat resah warga di media siber bogordaily.net. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan deskriptif statistik dan uji korelasi rank spearman dengan menggunakan program SPSS versi 25. Penelitian ini dilaksanakan di akun media siber TikTok bogordaily.net. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Effect. Pengambilan sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik purposive sampling dan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian ini pengikut TikTok @bogordaily.net dapat mengakses TikTok >5 menit dan terpapar terpaan berita gangster bawa sajam karena isi pemberitaan menarik untuk dibaca, kemudian timbul persepsi yang dapat berupa perhatian, penafsiran dan pengetahuan setelah membaca pemberitaan kriminal gangster.


References


Azman. (2018). Penggunaan Media Massa dan Media Sosial di Kalangan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Jurnal Peurawi Vol. 1 No. 1. http://jurnal.ar.raniry.ac.id./index.php/peurawi.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Statistik Kriminal 2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Bungin B. (2014). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Dataindonesia.id. (2022). Pengguna TikTok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia. (diakses 8 Oktober 2022). https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia.

Muhtadi S. A. (2016). Pengantar Ilmu Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Hal. 88-89.

Renata, C. D. (2021). Pengaruh Terpaan Postingan Di Instagram Dan Daya Tarik Pesan Iklan Di Youtobe Kemenkes_Ri Terhadap Vaksin Covid 19. MEDIALOG : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 48–60.

Romli, M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sendjaja, S. D. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D cetakan ke-19. Bandung: Alfabeta. Hal. 80-81, 153.

Tiktok.com. (2022). Tentang TikTok. https://www.tiktok.com/about?lang=id (diakses 19 Oktober 2022)


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v29i2.9408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.