PENGARUH FEED @INDOZONE.ID DENGAN TAGLINE #KAMUHARUSTAHU TERHADAP MINAT BACA GENERASI Z DI KOTA BOGOR

Regi Adi Putra, Sardi Duryatmo, Muhammad Reza

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh data Feed @indozone.id Dengan Tagline #kamuharustahu terhadap Minat Baca Generasi Z di Kota Bogor. Penelitian kuantitatif deskriptif ini dengan menggunakan metode analisis regresi yang bertujuan mencari pengaruh dari variabel feed indozone.id (X) terhadap variabel minat baca (Y). Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bogor salah satu kota yang minat bacanya masih rendah menurut survei dari Kementerian Pendidikan Nasional. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner dengan skala likert serta nonprobability sampling, yang bertujuan untuk mengkategorisasi responden agar yang mengisi kuisioner adalah orang yang membaca indozone.id, dengan metode snowball sampling yang bertujuan untuk menjangkau populasi (N). Hasil penelitian ini mempunyai nilai signifikansi (sig) sebesar 0,001 yang artinya mempunyai nilai lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Feed Indozone (X) dengan minat baca (Y) dengan besaran pengaruh sebesar 81,3%. Feed Indozone.id mempunyai pengaruh positive terhadap minat baca generasi Z. Feed indozone.id yang mengalami kenaikan sebesar 1% akan di ikuti oleh kenaikan minat baca sebesar 52%, dikarenakan desain post Instagram di indozone.id dibuat sepraktis mungkin agar pembaca lebih mudah memahami isi pemberitaan. Serta sesuai dengan teori uses and effect saat Feed dapat menghasilkan suatu efek yang disebut minat baca. Jika diperoleh dari data yang diperoleh peneliti, coseefect dapat diperoleh dari Feed Indozone.id dan penggunaan media yang berarti menggunakan Instagram dengan feed tertentu dapat memberikan efek minat baca. Kata Kunci: Media sosial, Minat baca, Pengaruh, Tagar

References


Alfirahmi. (2019). Fenomena Kopi Kekinian di Era 4.0 Ditinjau dari Marketing 4.0 dan

Teori Uses and Effect. Jurnal Lugas, 3(2580-8338. E-ISSN 2621-1564), 27–28.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.

Dalman, H. (2014). Keterampilan Menulis. PT. Raja Grafindo Persada.

Dijk, van. (2013). The Network Society. In The Network Society. Sage Publications.

https://doi.org/10.4337/9781845421663

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Fachruddin, A. (2012). Dasar-Dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature,

Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing. Perdana Media Group.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan

Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Social Work

Jurnal, 10(10.24198/share.v10i2.31443), 199.

http://jurnal.unpad.ac.id/share/article/view/31443/15062

Francis, T., & Hoefel, F. (2018). ‘True Gen’: Generation Z and its implications for

companies. McKinsey & Company. https://www.mckinsey.com/industries/con

Gozali, L. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Hadi, I. P., Wahjudianata, M., & Indrayani, I. I. (2020). Komunikasi Massa. CV.

Penerbit Qiara Media.

Hariyanto, D. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Umsida Press.

Iskandar, D. (2018). Konvergensi Media ; Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika

Jurnalisme. Andi.

Kusuma, V. A. (2021). Pengaruh Terpaan Konten Instagram @Folkative Terhadap

Minat Literasi Bagi Followers. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya,

Mendrofa, W. P. (2021). Dampak literasi Digital Bagi Remaja. Sekolah Tingi Agama

Kristen Terpadu Pesat Salatiga, 7. https://www.ptonline.com/articles/how-to-getbetter-mfi-results

Nasrullah, rulli. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan

Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nurdin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Rajawali Pers.

Nurjaman, Kadar dan Umam, K. (2012). Komunikasi dan Public Relations. Pustaka

Setia.

Oktaresiyanti, S. (2019). Pengaruh Feed Pada Instagram Terhadap Citra Diri Mahasiswa

Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Universitas

Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 222.

Paramita, D. R. W. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Widya Gama Press.

Prajarini, D., & Sayogo, D. (2021). Pengaruh Desain Post Instagram Terhadap Minat

Pembelian Produk Umkm Kedai Kopi di Kabupaten Sleman. Desain Komunikasi

Visual & Multimedia, 07, 190–191.

http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/4139

Priyanto, D. (2013). Analisis Kolerasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Gaya

Media.

Rani, N. L. R. M. (2013). Persepsi Jurnalis dan Praktisi Humas terhadap Nilai Berita.

Ilmu Komunikasi, 10, 88. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/155

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan

Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS. Kencana Perdana Media Grup.

Solihat, M., Melly, M., & Solihin, O. (2014). Interpersonal Skill Tips Membangun

Komunikasi dan Relasi. Penerbit Rekayasa Sains.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Affabeta,

CV.

Sujarweni, V. W. (2015). Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi, Cetakan ke-1. Pustaka

Baru Perss.

Uba, N. (2018). Dampak Media Sosial Terhadap Minat Baca Siswa Sma Negeri 1 Ile

Ape di Kabupaten Lembata. Universitas Muhammadiyah Makassar, 2(1), 90.

Umar, H. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11 (11th ed.).

PT. Raja Grafindo Persada.

Wulansari, D. (2021). Media Massa & Komunikasi. Mutiara Aksara.

Riyanto, Andi Dwi. 2020. “Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022”,

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/, Diakses

Pada 24 Oktober 2022.

Pusparisa, Yosepa. 2020. “Masyarakat Paling Banyak Mengakses Informasi dari Media


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v29i2.9437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.