PENGGUNAAN RAGAM BAHASA PEMASARAN DIGITAL DESAIN GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK

Adinda Thalia Salsabila, Andini Normala Putri, Calista Azzahra Kurniawan, Laurensia Rosemauli Baru Radjagukguk, Mohammad Ainur Rofiq, Naqisyah Wijaya, Syafira Putri Cahya Wardhan Putri Cahya Wardhani, Endang Sholihatin Sholihatin

Abstract


Abstrak Kemajuan teknologi dan pemasaran digital telah membuka peluang baru dalam meningkatkan nilai produk desain grafis, menciptakan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat, namun perlu diadopsi pendekatan saintifik dengan harapan memastikan kelancaran dan keberhasilan dalam aktivitas tersebut. Tujuan penelitian ini untuk engetahui bentuk ragam bahasa pemasaran digital pada produk desain grafis, mengetahui manfaat penggunaan ragam bahasa pemasaran digital pada produk desain grafis, mengetahui penerapan penggunaan ragam bahasa pemasaran digital pada produk desain grafis,dan mengetahui strategi pemasaran digital pada produk desain grafis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik penggalian data melalui observasi media sosial, kuesioner dan pengambilan tangkapan layar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Pendekatan Saintifik. Hasil penelitian menunjukkan, bentuk ragam bahasa pemasaran digital pada produk desain grafis terdiri dari ragam lisan (suara latar, video affiliator) ragam tulisan (iklan otomatis, iklan layar utama), ragam bahasa baku, dan ragam bahasa tidak baku; manfaat penggunaan ragam bahasa pemasaran digital pada produk desain grafis yaitu untuk memaksimalkan target iklan, mencerminkan citra merek, dan memengaruhi konversi tindakan audiens; dan penerapan penggunaan ragam bahasa pemasaran digital pada produk desain grafis yaitu (a) ragam bahasa lisan digunakan untuk iklan yang perlu penjelasan secara spesifik, (b) ragam bahasa tulisan digunakan untuk iklan yang tidak perlu penjelasan spesifik, (c) ragam bahasa baku untuk iklan layanan masyarakat, dan (d) ragam bahasa tidak baku untuk iklan komersial; 4) Strategi pemasaran digital pada produk desain grafis yaitu menggunakan strategi Search Engine Optimatization dan Social Media Marketing. Kata kunci : Disain Grafis, Pemasaran Digital, Ragam Bahasa

References


Andien Alfaiza Lubis, Salsabila Diar Kirani, Ditha Meiliasari, Yudhistira Rakha, Anisa

Setyo Wardani, Aufi Jazilah, & Endang Sholihatin. (2023). Strategi Penggunaan

Bahasa Indonesia Dalam Iklan Toko Online Lazada Untuk Menarik Minat

Konsumen. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research.

Astri Rumondang, Acai Sudirman, Samsider Sitorus, Aditya Halim Perdana Kusuma,

Melda Manuhutu, Andriasan Sudarso, Janner Simarmata, Dian Hasdiana, Tasnim, &

Nina Fapari Arif. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita

Menulis.

Auliyah, R. (2014). STUDI FENOMENOLOGI PERANAN MANAJEMEN MASJID ATTAQWA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT BANGKALAN.

Decky Hendarsyah. (2020). PEMASARAN DIGITAL DALAM KEWIRAUSAHAAN.

Hendika Wibowo Zainul Arifin Sunarti Fakultas Ilmu Administrasi, D. (2015). ANALISIS

STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM

(Studi pada Batik Diajeng Solo). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 29,

Issue 1). www.depkop.go.id

Leonardo Adi Dharma Widya, S. Sn. , & M.Ds. Andreas James Darmawan, S. Sn. , M. Sn.

(2019). PENGANTAR DESAIN GRAFIS

Nadhiro, S., Rachmasari, S. S., Jayanti, R., Amelia, S., & Sholihatin, E. (2023).

Penggunaan Ragam Bahasa Dalam Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok

@eatsambel. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Juli, 2023(14), 642–653.

https://doi.org/10.5281/zenodo.8186244

RIYAN ABDUL AZIZ. (2020). E-BOOK DIGITAL MARKETING CONTENT.

Sonya Hutabarat, Renita Br Saragih, Sonya Apriyanti Damanik, & Miranda Elisa Br

Sembiring. (2023). Analisis Desain Dan Ragam Bahasa “Beda Pemula Bikin Konten

vs. Udah 1 Tahun Oleh Victoriawong.” Journal of Social Humanities and Education.

Waridah, W. (2018). Ragam Bahasa Jurnalistik. JURNAL SIMBOLIKA: Research and

Learning in Communication Study, 4(2), 112.

https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i2.1822


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v29i2.9439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.