ANALISIS PESAN MENGENAI KESEHATAN KULIT PADA AKUN INSTAGRAM @drmita. spkk DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI KOMUNIKASI INFORMATIF

Yusmawati Yusmawati

Abstract


Abstrak

Instagram sebagai media sosial tidak saja sebagai media hiburan tetapi juga dapat menjadi media edukasi. Salah seorang dokter di bidang dermatologis yakni dr. Listiya Paramita, Sp. KK memilih instagram sebagai media penyampai pesan untuk mengedukasi dan berbagi informasi mengenai kesehatan. Pesan merupakan salah satu unsur dalam proses komunikasi untuk menyampaikan infromasi kepada komunikannya. Penelitian ini bertujan untuk menganalisis bentuk pesan informatif mengenai kesehatan kulit pada akun Instagram @drmita. spkk dan dan bagaimana komunikasi tersebut ditinjau dari perspektif teori komunikasi informatif? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dan metodenya menggunakan netnografi. Hasil penelitian ini yaitu bentuk pesan informatif yang disampaikan pada akun instagram @drmita. spkk adalah pesannya berdasarkan fakta, pesannya disampaikan dengan jelas, dr. Mita, SpKK memberikan informasi secara terperinci, informasi yang disampaikan bertujan untuk menambah pengetahuan dan rata-rata pesannya bertujuan memberikan dorongan pada komunikannya untuk dapat melakukan sesuatu agar dapat perawatan kulit yang tepat. Akun Instagram @drmita. spkk dijadikan saluran serta media sebagai bentuk komunikasi kesehatan khsususnya kulit oleh dokter Mita, pertimbangannya karena media ini dapat memberi pesan informatif secara luas, cepat, dan interaktif. Kata Kunci: Instagram, Kesehatan Kulit, Pesan Informatif


References


Retrieved from CNN Indonesia: https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/gayahidup/20221216170951-277-888413/survei-ungkap-masalah-kulit-yang-palingmenghantui-wanita-indonesia/amp

Retrieved from dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-di-ricapai-10672-juta-hingga-februari-2023

Retrieved from apjii.or.id: https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesiatembus-215-juta-orang

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Anisah, d. (2021). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM

MENINGKATKAN LITERASI KESEHATAN PADA MAHASISWA. Jurnal

Peurawi:Media Kajian Komunikasi Islam, 94-107.

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

drmita.spkk. (2023, Maret). Retrieved from

https://instagram.com/drmita.spkk?igshid=NTc4MTIwNjQzYQ==

Hermawan, A. (2013). E-Busines & E-commerce. Yogyakarta: Andi Offset.

Landsverk, K. H. (2014). The Instagram Handbook, 2014 Edition. London, United Kingdom:

PrimeHead Limited

Nabil, M., Sugandi, & Ghufron. (2021). PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES

SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (STUDI PADA AKUN

INSTAGRAM @GRIIZELLE.ID). Ilmu Komunikasi, Vol : 9 (3), 16-30.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.

Bandung: Sembiosa Rekatama Media.

Rangga, d. (2018). STUDI TEKNIK KOMUNIKASI INFORMATIF DALAM KEGIATAN

ORIENTASI PENYULUH AGAMA TERHADAP CALON PENGANTIN OLEH

BADAN DKP3A DI SAMARINDA. Ilmu Komunikasi Fisip Unmul, Vol 6 (3), 438-451.

Rohmiyati, Y. (2018). Analisis Penyebaran Informasi Pada Sosial Media. Anuva Vol 2 (1), 29-

Sayogo, d. (2017). POTENSI +DALETHYNE TERHADAP EPITELISASI LUKA PADA

KULIT TIKUS YANG DIINFEKSI BAKTERI MRSA. Jurnal Biosains Pascasarjana,

Sondakh, R. A., Erawan, E., & Wibowo, S. E. (2019 ). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL

INSTAGRAM PADA AKUN @GEPREKEXPRESS DALAM MEMPROMOSIKAN

RESTORAN GEPREK EXPRESS . Ilmu Komunikasi Unmul, Vol: 7 (1), 279-292.

Subarjo, A. H., & Setianingsih, W. (2016). Pemanfaatan Internet Dalam Matakuliah

Kewarganegaraan. Seminar Nasional XI "Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi

(pp. 427-431). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Nasional.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Talika, F. T. (2016). Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi Bagi Remaja Di Desa Air

Mangga Kecamatan Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan. Acta Diurna.

ZA, S., & Nabila. (2019). Health Promotion Breast Self Examination (BSE) Using Instagram in

Non Medical Student of Andalas University. JURNAL MKMI


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/wahana.v29i2.9442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.