Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Qiaghi Dimsum Tebing Tinggi

Adhayana Adinda Putri, Aulia Putri Utami, Fitrianingsih Fitrianingsih, Imelda Mardayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana pengaruh marketing sosial media terhadap keputusan konsumen untuk membeli barang dengan minat beli sebagai variabel intervening. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perkembangan pesat media sosial sebagai alat pemasaran yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perilaku konsumen saat mereka membuat keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengirimkan kuesioner ke 96 pengguna media sosial yang aktif dan pernah membeli barang melalui platform tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran sosial media berdampak positif dan signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM), yang dibantu oleh perangkat lunak SmartPLS. Selain itu, minat beli telah terbukti menjadi faktor intervensi yang meningkatkan pengaruh iklan sosial media padakeputusan pembelian pelanggan. Hasilnya strategi pemasaran digital yang efektif sangat penting untuk meningkatkan minat dan keputusan pembelian pelanggan Qiaghi Dimsum Tebing Tinggi.

Keywords


sosial media marketing; keputusan pembelian konsumen; minat beli; industri kuliner dimsum

References


Ab Hamid, M. R., Sami, W., & Sidek, M. H. M. (2017). Discriminant validity assessment: Use of Fornell & Larcker criterion versus HTMT criterion. Journal of Physics: Conference Series, 890(1), 12163.

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.

Amin, N. F., Garancang, S., Abunawas, ; Kamaluddin, Penulis, N., Nur, :, & Amin, F. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR.

Billy Surya Hanjaya, Bayu Setyo Budihardjo, & Catharina Aprilia Hellyani. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Umkm. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(3), 92–101. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i3.290

Fajri, C., Amelya, A., & Suworo, S. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Indonesia Applicad. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 369–373. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.425

Fitrianingsih, F., Damanik, A. Z., & Zuliany, R. (2022). Pengaruh Servicescape dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian konsumen Pada 212 Mart Tebing Tinggi. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 478–485. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.592

Izzaty Mindiasri, I., Priharsari, D., & Purmono, W. (2023). Eksplorasi Pengaruh Live Shopping terhadap Minat Beli Konsumen dalam Berbelanja Online dengan Metode Systematic Literature Review. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 1039–1042.

Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square (Sem-Pls) Dengan SmartPLS. Modul Pelatihan, 1(4), 1–6.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh social media marketing, brand awareness terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152–159.

Marie, A. A. (2024). Management & Marketing. In Journal of Clinical Orthodontics (Vol. 58, Issue 1).

Pahlevi, C., & Anwar, V. (2022). Kinerja Keuangan dalam Pendekatan Modal Intelektual Kapital dan Struktur Modal. Pascal Books.

SADARWATI, A., & Diharto, A. K. (2023). Pengaruh social media marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening (studi kasus pada konsumen produk herbal SR12 di kabupaten boyolali). UIN Surakarta.

Saddha Yohandi, Yuliana, Arwin, Lisa, & Ivone. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Di Fortunate Coffee Cemara Asri Deli Serdang. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 182–186. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.451

Subagiyo, S., Rahman, A., & Aprilliani, A. (2023). Brand Ambassador, Minat Beli Pada Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 12(1), 56. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i1.669

Tri Nuryani, F., Nurkesuma Nurkesuma, & Baruna Hadibrata. (2022). Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.977


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v13i1.12052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.