Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Karakter Siswa SMP Katolik Kota Tomohon
Abstract
Kinerja guru merupakan aspek penting yang memengaruhi karakter siswa, dinilai tidak hanya dari kompetensi pedagogis tetapi juga dari kemampuan guru dalam membimbing siswa dengan sikap dan perilaku positif di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi kinerja guru di SMP Katolik Kota Tomohon, 2) menilai karakter siswa di SMP Katolik Kota Tomohon, dan 3) menentukan seberapa besar pengaruh kinerja guru terhadap karakter siswa. Responden adalah siswa aktif dari SMP Katolik Kota Tomohon. Metode kuantitatif digunakan dengan rumus Slovin dan margin error 5% untuk pengambilan sampel. Sebanyak 317 responden disurvei dari populasi 1.529 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms, dengan pilihan jawaban Sangat Setuju, Setuju, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. Analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru sangat baik (H1 diterima, nilai = 1.154) dan karakter siswa juga sangat baik (H1 diterima, nilai = 1.189). Terdapat pengaruh signifikan antara kinerja guru terhadap karakter siswa, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.005, nilai R hitung sebesar 0.551, dan koefisien determinasi sebesar 30.4%. Dengan demikian, kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap karakter siswa, di mana semakin baik kinerja guru, semakin positif karakter siswa.
Keywords
References
Agung, A. A. G. 2013, Buku Ajar: Evaluasi Pendidikan, Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Arifin, M. Z., & Setiawan, A. 2020, Strategi Belajar dan Mengajar Guru pada Abad 21, Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2), 37–46.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Diakses 24 Juni 2025, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id
Doni Koesoema, A. 2007, Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.
Dalmeri. 2014. Pendidikan untuk pengembangan karakter (Telaah terhadap gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum, 14(1), 271–288. Diakses dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=175387&val=6174&title=PENDIDIKAN%20UNTUK%20PENGEMBANGAN%20KARAKTER%20(Telaah%20terhadap%20Gagasan%20Thomas%20Lickona%20dalam%20Educating%20for%20Character)
Emda, A. 2016, Strategi Peningkatan Kinerja Guru yang Profesional, Lantanida Journal, 4(2), 111-117.
Hamalik, O. 2013, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI. 2018, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/ pada 25 Februari.
Lickona, T. 1991, Educating for character, New York: Bantam Press.Diakses dari
https://scholar.google.com pada 19 Maret 2025
Lintong, M. M., Rawis, J. A., Senduk, J. F., & Lengkong, J. S. 2021, Character Education Management in SMA Kakaskasen Seminary Catholic and SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon. Asia Pacific Journal of Management and Education, 4(2), 39-46 https://doi.org/10.32535/apjme.v4i2.1127
Mulyasa, E. 2018, Manajemen Pendidikan Karakter Jakarta: Bumi Aksara.
Mardiyah, K., & Setiawati, D. 2014, Penerapan konseling kelompok cognitive behaviour modification (CBM) untuk meningkatkan tanggung jawab dalam belajar siswa kelas X-APH (Akomodasi Perhotelan) di SMK Gema 45 Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(3), 1-7.
Mentang, P. J., & Topit, S. Y. F. 2023, Pengaruh Media Sosial terhadap Karakter Siswa di SMA Katolik Lembean. ECCE: Jurnal Pendidikan Pastoral Kateketik, 1(1), 62–69. https://doi.org/10.59975/ecce.v1i1.6
Putri, D. N. P., & Arifin, M. B. U. B. 2022, Peran Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas IV. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 176–189. https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2517
Sari, Z. I. 2014. PEDAGOGIK Vol. II, No. 1, Februari 2014. 47–53.
Sugiyono. 2008. Metode Penulisan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Susanti, S. E. 2022, Konsep pendidikan karakter dalam pemikiran Thomas Lickona: Strategi pembentukan karakter yang baik. YASIN, 2(5), 719–734. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i5.896
Supardi, 2014, Kinerja Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Suparno, P. 2015, Pendidikan karakter di sekolah: Sebuah pengantar umum. Yogyakarta: Kanisius.
Singal, F.E., Imbang, J.F., & Kandunmas, D .D, 2023, Pengaruh Gaji Terhadap Kinerja Guru Honorer di Persekolahan Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Manado Perwakilan Tomohon. ECCE: Jurnal Pendidikan Pastoral Kateketik, 1 (2), 1-6.
Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. 2021, Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan harga diri pada siswi kelas XII SMA Kristen Terang Bangsa Semarang. Jurnal Empati, 10(2), 99-107.
Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. 2019. Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penulisan Pendidikan Islam, 7(1), 97. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359
Seorang Pelajar di Tomohon di Aniaya Teman Sekolah. (2024, Januari 24). Diakses pada Maret 5, 2025 dari Sulut Line News: https://sulutlinenews.co.id/2024/01/24/seorang-pelajar-di-tomohon-di-aniaya-teman-sekolah/ diakses pada 17 Maret 2025
Uno, Hamzah B., & Lamatenggo, Nina. 2012, Teori Kinerja dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: 10.33751/jmp.v13i2.12485
Refbacks
- There are currently no refbacks.