HUBUNGAN ANTARA BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN KREATIVITAS GURU

Umyati Umyati, Sumardi Sumardi, Eka Suhardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara budaya sekolah dan kompetensi pedagogik guru dengan kreativitas guru secara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama. Penelitian kuantitatif ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan korelasional yang terdiri atas dua variabel bebas, yaitu budaya sekolah dan kompetensi pedagogik serta kreativitas guru sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri di Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor pada tahun 2017. Jumlah sampel penelitian sebanyak 152 orang guru PNS yang diambil secara proportional random sampling dari populasi sebanyak 245 guru SDN. Temuan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara budaya sekolah dengan kreativitas guru, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan kreativitas guru dan Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara budaya sekolah dan kompetensi pedagogik guru secara bersamasama dengan kreativitas guru. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kreativitas guru dapat ditingkatkan dengan budaya sekolah dan kompetensi pedagogik guru secara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama.

Kata kunci: Budaya sekolah, kompetensi pedagogik, dan kreativitas guru


References


Aan Komariah dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara 2010.

Abdul Hadis dan Nurhayati B, Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Alfa beta, 2010.

Anderson, Lorin W. Dan David R,Krathwohl. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka pelajar. 2015.

Budi Suhardiman. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2012.

Colquitt, J.A., Lepine J.A., & Wesson, M.J., Organizational Behavior. New York: McGrawHill, 2011.

Dadang Suhardan, Supervisi Profesional (layanan meningkatkan mutu pembelajaran di era otonomi daerah), Bandung: Alfabeta 2010.

DeGraff, Jeff., & Lawrence, Katherine A., Creativity at Work, Uniteed States Of America: Jhon Wiley & Sons, 2002

Deni Koswara dan Halimah, Seluk Beluk Profesi Guru, Bandung: PT Bumi Mekar, 2008.

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Fred Luthans, Organizational Behavior, New York : McGraw-Hill Irwin, 2011.

Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., Donnely, J.H., & R. Konopaske. Organizations: Behavior, Structure & Process. New York: McGraw-Hill, 2006.

Greenberg, Jerald., and Baron, Robert A., Behavior in Organizations: Organizational Culture, Creativity and innovation, New jersey: Pearson, 2011.

Hamzah B.Uno. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Hidayat Rais, Henny Suharyati, Yuyun Elizabeth Patras, Sutji Harjanto, Haposan Andi. 2018. Optimalisasi Budaya Mutu Sekolah Untuk Meningkatkan Komitmen Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 6 No. 1

Ivancevich, Konopaske, Matteson, Organization Bahavior and Management, New York: Mc Graw Hill-International Edition, 2008.

Kreitner, Robert., & Kinicki, Angelo., Organizational Behavior, (New York; McGraw Hill, 2008

Janawi, Kompetensi Guru Citra Guru Profesional, Bandung: Alfabeta, 2011.

Jakiyah Atiyatu, Sumardi Sumardi, Rais Hidayat. Peningkatan Produktivitas Kerja Guru Melalui Pengembangan Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.6, No.2, Juli 2018, hh. 2614-3313

Manurung Santa, Rais Hidayat, Yuyun Elizabeth Patras, Rhini Fatmasari. Peningkatan Efektivitas Kerja melalui Perbaikan Pelatihan, Penjaminan Mutu, Kompetensi Akademik dan Efikasi Diri dalam Organisasi Pendidikan. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 3, Nomor 1, Mei 2018/1439

M. Sackhan Muchith, Pembelajaran Kontekstual, Semarang: RaSail Media Group, 2007.

McShane and Von Glinow, Organizational Behavior, New York: McGraw Hill, 2010.

Muhamin, Manajemen Pendidikan Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah Madrasah, Jakarta: Kencana 2010.

Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori, Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Bumi Aksara, 2011.

Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Ogoemeka and Obioma Helen, Emotional Intellegence and Creativity in Teacher Education, International Journal of Psychology and Counselling, 2011.

Rankouh, Mir Abdolhasan Askari., and Poor, Payam Mikbakhsh Saberi., Ekamine the Relationship beteen Organization Culture and Creativity of Lecturers, Universal Journal Of management and Social Science, 2013.

Slemanto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Stephen Robbins, Organizational Behavior, Concepts, Controversies, Applications, New Jersey: Prentice-Hall International,Inc. A.Simon & Schuster, 2008.

Sa`nchez Ruiz, M.J., & Torrano, D. Hernandez., Gonzales, J.C Perez, M. Batey, and Petrides, K.V., Motivation & Inovation: The relationship between trait Emotional Intellegence and Creativity Across Subject Domain, Springer: 2011.

Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan tenaga kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.

Siti Irene Astuti Dwiningrum, Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Syamsul Maarif, Guru Profesional Harapan dan Kenyataan, Semarang:Walisongo Press, 2011.

Wayney K.Hoy dan Cecil G. Miskel, Adminitrasi Pendidikan Teori, Riset, dan Praktik Yogyakarta; Pustaka Belajar, 2014.

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati, Strategi Pemgembangan Kreativitas pada Anak, Jakarta: Kencana, 2010.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v7i2.1331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.