ANALISIS STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN

Ahmad Mustopa, Jasim Jasim, Hasan Basri, Ujang Cepi Barlian

Abstract


Educational Assessment Standards ar ethe criteria regarding mechanisms, the procedures and instruments for assessing student learning outcomes. According to BSNP, the standardized assessment conducted by educators are to include general standards, planning standards, implementation standards, processing and reporting standards for assessment results as well as standards for the use of the assessment results. Each of these standards contained the principles and criteria established by the BSNP. Meanwhile, the assessment of learning outcomes carried out by educational units contains two main standards that must be considered, namely: the standard for determining class promotion and the standard for terminating graduation

Keywords


assessment standards

References


.Alimudin, Penilaian dalam Kurikulum (2013), Proceding SeminarNasional UCP, Vol 1 No 1 2014

Arifin, Zaenal, (2009) Evaluasi Pembelajaran; Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Barliant, C Ujang, (2020) Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Dasar, Bandung

B. Uno,Hamzah danSatria Koni,(2012.) Assesment Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara,

Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran produktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda ), 03(September), 119123. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda/article/view/2720

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (2016.) Panduan Penilaian Pendidikan oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Dasar, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (2016.) Panduan Penilaian Pendidikan oleh Pendidikdan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa.

Kusaeri dan Supranoto, (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Yogyakarta: GrahaIlmu, 2012.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No53 Tahun 2013 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Wahyudi, (2010) Asesmen Pembelajaran Berbasis Portofolio diSekolah, Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Vol 2, No 1 Januari 2010

Warsito Hadi, (2016). Kritik Penilaian Menurut Prespektif Standar Nasional Pendidikan, dalam ElBanat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam,Volume 6 Nomor 2, Juli Desember 2016.

Yusuf,A. Muri, (2015) Asesmendan Evaluasi Pendidikan; Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan,Jakarta: Kencana.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v9i1.3364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.