Hubungan antara Kompetensi Pedagogik dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dengan Keinovatifan Guru SMP Swasta se-Kecamatan Bogor Selatan

Wahardi Wahardi, Rita Retnowati, Eka Suhardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kompetensi Pedagogik dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dengan Keinovatifan Guru Swasta se-Kecamatan Bogor Selatan di Kota Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan korelasional yang terdiri atas dua variabel bebas, yaitu Kompetensi Pedagogik dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah serta Keinovatifan Guru sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta se-Kecamatan Bogor Selatan di Kota Bogor pada tahun 2015. Jumlah sampel penelitian sebanyak 112 orang yang diambil secara proportional random sampling dari populasi sebanyak 155. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik analisis statistik korelasi dan regresi sederhana serta korelasi ganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan, yaitu: Pertama, terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Kompetensi Pedagogik dengan Keinovatifan Guru yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ry.1 = 0,502 dan nilai koefisien determinasi r2 y.1 = 0,245. Kedua, terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dengan Keinovatifan Guru. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ry.2 = 0,587 dan nilai koefisien determinasi r2y.2 = 0,345. Ketiga, terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Kompetensi Pedagogik dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah secara bersama-sama dengan Keinovatifan Guru yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ry.12 = 0,692 dan nilai koefisien determinasi r2 y.12 = 0,479. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keinovatifan Guru dapat ditingkatkan melalui Kompetensi Pedagogik dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah.


References


Angelo, K & Williams, B. (2008). Management A Practical Introduction, Third Edition. New York: Mc Graw Hill Education

Anne, G & Evans, J. (2005). Reflecting on School Management. London: Falmer Press

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Bertocci, L. (2009). Leadership in Organizations There is a Difference between Leaders and Managers, United Kingdom: University Press Of America

Brent, D., Ellison, L & Bowring-Carr. (2005). School Leadership in the 21st Century Second edition. London and Newyork: Roultledge Falmer

Carrie -Fisch, R., Greenfield, P., Trumbull, E., Keller, H., & Quiroz, B. (2010). Innovations in Educational Psychology, ed. David D. Preiss and Robert J. Sternberg. New York: Springer Publishing Company

Christyanti, L. Hubungan antara Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Motivasi berprestasi dengan Keinovatifan Guru SMA Negeri Sub Rayon 03 Kota Bekasi. Tesis PPs UNPAK: Tidak diterbitkan.

Denim, S. (2010). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta.

Don, H & Slocum, J. (2011). Organizational Behavior, 13th Edition. USA: South-Western Cengage Learning.

Hamzah, U.B. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM, Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hawkins, D & Motherbaugh, D. (2010). Consumer Behavior Building Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Hidayatullah, F. (2009). Guru Sejati Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka

Jack, W., Wallace, J., Zeffane, R., Schermerhorn, J.R., Hunt, J.G & Osborn, R. (2001). Organisational Behaviour a Global Perspective. Milton: John Wiley & Sons Australia, Ltd

Jerald, G & Baron, R. (2010). Managing Behavior in Organization, Ninth Edition. Pearson International Edition

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Peter, E & Weindling, D. (2004). Understanding School Leadership. London: Chapman Publishing

Prasetyo, B dan Jannah, L. (2005). Metode Penelitian Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Retnowati, R. (2008). Metodologi Penelitian. Program Pascasarjana Universitas Pakuan: Tidak Diterbitkan

Robbins, S & Judge, T. (2010). Organizational Behavior. England: Pearson

Sadulloh, U. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta

Saúd U.S (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v4i1.414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.