Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Teknik Debate Make A Match (DMM)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan teknik debate make a match (DMM). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengukur uji validitas hasil belajar siswa dengan menggunakan Point Biserial dan uji reliabiltas menggunakan Kuder Richardson-20. Sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotor metode kalibrasinya menggunakan expert judgment. Sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotor metode kalibrasinya menggunakan expert judgment. Penelitian uji coba terbatas dilaksanakan di SMPN 2 Cicurug Sukabumi dengan jumlah siswa 42 orang, sedangkan uji coba lebih luas di SMP PGRI Cicurug dengan jumlah siswa 29 orang dan di SMPIT AL-HUSNA Parungkuda Sukabumi dengan jumlah siswa 32 orang. Berdasarkan temuan penelitian, analisis data dan refleksi pada setiap uji coba, bahwa penelitian dan pengembangan menghasilkan model terekomendasi, yaitu pengembangan model pembelajaran debate card match (DCM). Desain model pembelajaran DCM terdiri dari input, proses, dan output. Input terdiri dari kurikulum yang diterapkan di sekolah, siswa serta guru mata pelajaran PKn. Proses terdiri dari langkah-langkah model pembelajaran DCM. Output dari pengembangan model pembelajaran DCM adalah : Pengembangan model pembelajaran DCM pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), mampu dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada uji coba terbatas dan uji coba lebih luas. DCM dapat meningkatkan motivasi dan antusisme siswa dalam proses pembelajaran.
KATA KUNCI: debate make a match, hasil belajar, Pendidikan KewarganegaraanReferences
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman
Depdiknas. (2006). Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka
Djamarah, S.B. & Zain, A. (2002 ). Strategi Belajar mengajar.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Emzir. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Gordon, T. J. (1994). The Delphi Method. Washington, DC: America Council for the United Nations University.
Hamalik. O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (206). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, U.S. (2011). Model-model Pembelajaran Berbasis Pakem. Bandung : CV. Siliwangi&Co
Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isjoni. (2007). Cooperatif Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Mel Silbermen. (2013). Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta: PT Indekas.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sagala, S. (2006). Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta
Silbermen, M.L. (2006). Active Learning. Strategi Pembelajaran Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata & Syaodah, N. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suprijono, A. (2010). Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran & Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group, 2010
DOI: 10.33751/jmp.v4i1.415
Refbacks
- There are currently no refbacks.