Penerapan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Think Pair Square (TPS) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara dan Menulis Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X SMA Terpadu Al-Ma'shum Mardiyah Cianjur

Dede Muharamsyah, Soewarto Hardhienata, M Entang

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam bahasa Arab terutama keterampilan al-Kalam dan al-Kitabah dengan menerapkan model pembelajaran STAD dan TPS. Subject penelitian ini adalah siswa kelas X.3 SMA Terpadu Al-Ma'shum Mardiyah Cianjur yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Keterampilan al- Kalam dan al-Kitabah adalah dua keterampilan dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa dalam mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa asing. Meski demikian, hasil penelitian awal yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015 menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa dalam keterampilan al-Kalam dan al-Kitabah masih rendah dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peningkatan nilai rata-rata dari siklus pertama adalah 68,2% menjadi 72,7% untuk nilai al-Kalam, dan 77,3% menjadi 81,8% untuk nilai al-Kitabah. Disamping itu siswa kelihatan aktif dan bersemangat dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan TPS. Pencapaian nilai tersebut diperoleh setelah dilakukannya penelitian tindakan kelas dengan melalui proses 4 langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus satu dan dua masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Data penelitian dikumpulkan melalui beberapa instrumen yaitu lembar observasi, catatan lapangan, kuisioner dan penilaian akhir siswa. Berdasarkan hasil penelitian, saran ditujukan kepada para guru bahasa Arab yang mempunyai masalah yang sama agar mengimplementasikan kedua model pembelajaran STAD dan TPS untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab terutama dalam keterampilan al-Kalam dan al-Kitabah, untuk peneliti yang akan datang dianjurkan untuk mengadakan penelitian secara mendalam untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

KATA KUNCI: Student Teams Achievement Divison, Think Pair Share, Keterampilan Berbicara dan Menulis


References


Barnawi & Arifin, M. (2012). Kinerja Guru Profesional; Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran; Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2009). Pembelajaran KooperatifnMeningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Pesertan Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kesuma, A.T. (2013). Menyusun PTK itu gambang. Bandung: Erlangga

Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Millis, B.J & Cottell, P.G. (1998). Cooperative Learning for Higher Education Faculty. Americal Council on Education. The Oryx Press, Phoenix, AZ, 1998, p.1, http://www.wcer.wise.edu/archieve/cll/cl/doi ng cl/thinksq.html

Muhlisin, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran STAD. Journal of Educational Research and Evaluation 1 (2)

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran., Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Retnowati, R. (2008). Metodologi Penelitian. Program Pascasarjana Universitas Pakuan: Tidak Diterbitkan

Richards, J.C & Reanndya, W.A. (2002). Methodology in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press

Robbins, S & Judge, T. (2010). Organizational Behavior. England: Pearson

Robert E.W-B & Kagan, S. (1992). About Cooperative Learning. San Antonio: University of Texax at San Antonio

Sagala, S. (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta

Sadulloh, U. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta

Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.. Saúd U.S (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sedarmayanti. (2011). Membangun Dan Mengembangkan Kepemimpinan Serta Meningkatkan Kinerja Untuk Meraih Keberhasilan. Bandung: PT Refika Aditama


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v4i1.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.