Studi Korelasional Antara Efektivitas Program Pelatihan dan Kepribadian dengan Kualitas Layanan Guru SMP Swasta Se- Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi

Neneng Nurmilah Arifin, Widodo Sunaryo, Djoehana Djoehana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan antara Efektivitas Program Pelatihan dan Kepribadian dengan Kualitas Layanan Guru di SMP Swasta di Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi. Responden penelitian adalah guru non-Pns dengan jumlah sampel 100 orang yang diambil secara proportional random sampling. Penelitian ini merupakan Penelitian ini dikelompokkan dalam penelitian korelasional antara dua variable bebas yaitu Efektivitas Program Pelatihan dan Kepribadian dan satu variabel terikat yaitu Kualitas Layanan Guru. Metode yang digunakan yaitu metode survei dan teknik analisis data dengan uji statistic korelasi sederhana dan korelasi ganda serta uji regresi linear sederhana , uji regresi linear ganda dan uji korelasi parsial. Dari hasil penelitian ditemukan tiga kesimpulan, yaitu : Pertama, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Efektivitas Program Pelatihan dengan Kualitas Layanan Guru dengan koefisien korelasi ry1 = 0,7116, dan koefisien determinasi ry21 = 0,5064 yang berarti kontribusi Efektivitas Program Pelatihan terhadap Kualitas Layanan Guru sebesar 50,64% dan persamaan regresi Y = 70, 5593 + 0,6009X. Kedua, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Kepribadian dengan Kualitas Layanan Guru dengan koefisien korelasi ry1 =0,6883, dan koefisien determinasi ry21 = 0,4738 yang berarti kontribusi Efektivitas Program Pelatihan terhadap Kualitas Layanan Guru sebesar 50,64% dan persamaan regresi Y=68,5838 0,6142X2. Ketiga, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Efektivitas Program Pelatihan dan Kepribadian secara bersama-sama dengan Kualitas Layanan Guru dengan koefisien korelasi ry.12 = 0,7143, dan koefisien determinasi ry2.12 = 0,5102 yang berarti kontribusi Efektivitas Program Pelatihan terhadap Kualitas Layanan Guru sebesar  51,02% dan persamaan regresi Y = 67,958 + 0,6009X1 + 0,1537X2. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Kualitas Layanan Guru dapat ditingkatkan melalui Efektivitas Program Pelatihan dan Kepribadian.

KATA KUNCI: Program Pelatihan Dan Kepribadian, Kualitas Layanan Guru


References


Arief. (2007). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia

Baldwin., Bommer & Rubin. (2008). Developing Management Skills What Great Manager Know and Do. NewYork: McGraw Hill

Chris Fill, B.P & Page, K. (2011) Marketing, New York: Oxford University Press

Colquitt, J.A., Lepine & Wesson, M.J. (2011). Organizational Behavior. NewYork: McGraw- Hill.

Dessler & Gary. (2008). Human Resource Management. Upper Saddle River, NJ : Pearson Education, 2008

George., Jenifer, M. & Jones, G.R. (2012). Understanding and Managing Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education

Gibson, J.L., Donnelly, J.H., Ivancevich, J.M & Konopaske, R. (2012). Organizations Behavior, Structure, Processes. Singapore: Fourteenth Edition

Ivancevich, J.M. (2010). Human Resource Management. New York: McGraw-Hill

Kinicki, A & Williams, B.K. (2008) Management Practical Introduction. Third edition, New York: McGraw-Hill

Komariah, A & Triatna, C. (2008). Visionary Leadership Menuju Sekolaf Efektif, Jakarta: Bumi Aksara

Kotler, P. (2000). Marketing Management. New Jersey, Upper Saddle River, NJ : Prentice Hall

Mangkunegara, A.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung, P.T. Remaja Rosda Karya

Mathis, R.L & Jackson, Human Resource Management, Nineth Edition. Mason, OH : Cengage Learning

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Retnowati, R. (2008). Metodologi Penelitian. Bogor: Program Pascasarjana Universitas Pakuan

Riduwan & Sunarto. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Sosial. Bandung : Alfabeta, 2009

Sachdev, Sheetal B & Harsh V. Verma. (2004). Relative Importance Of Service Quality Dimension : A Multisectoral Study. Journal Of Service Research, Institute of International Management And Technology,

Sallis, E. (2008). Total Quality Management in Education. Yogyakarta: IRCiSoD

Sedarmayanti. (2012). Manajemen dan komponen terkait lainnya, Bunga rampai dan kumpulan bahan ceramah serta presentasi di forum Nasional, Pascasarjana, orasi ilmiah dan lainlain. Bandung: PT. Refika Aditama, 2012.

Shane, Mc & Glinow, V. (2011). Organiztional Behaviour. USA: University Press. ugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta, 2010

Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v4i1.417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.