Studi Korelasional Antara Efektivitas Program Pelatihan dan Kepribadian dengan Kualitas Layanan Guru SMP Swasta Se- Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan antara Efektivitas Program Pelatihan dan Kepribadian dengan Kualitas Layanan Guru di SMP Swasta di Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi. Responden penelitian adalah guru non-Pns dengan jumlah sampel 100 orang yang diambil secara proportional random sampling. Penelitian ini merupakan Penelitian ini dikelompokkan dalam penelitian korelasional antara dua variable bebas yaitu Efektivitas Program Pelatihan dan Kepribadian dan satu variabel terikat yaitu Kualitas Layanan Guru. Metode yang digunakan yaitu metode survei dan teknik analisis data dengan uji statistic korelasi sederhana dan korelasi ganda serta uji regresi linear sederhana , uji regresi linear ganda dan uji korelasi parsial. Dari hasil penelitian ditemukan tiga kesimpulan, yaitu : Pertama, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Efektivitas Program Pelatihan dengan Kualitas Layanan Guru dengan koefisien korelasi ry1 = 0,7116, dan koefisien determinasi ry21 = 0,5064 yang berarti kontribusi Efektivitas Program Pelatihan terhadap Kualitas Layanan Guru sebesar 50,64% dan persamaan regresi Y = 70, 5593 + 0,6009X. Kedua, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Kepribadian dengan Kualitas Layanan Guru dengan koefisien korelasi ry1 =0,6883, dan koefisien determinasi ry21 = 0,4738 yang berarti kontribusi Efektivitas Program Pelatihan terhadap Kualitas Layanan Guru sebesar 50,64% dan persamaan regresi Y=68,5838 0,6142X2. Ketiga, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Efektivitas Program Pelatihan dan Kepribadian secara bersama-sama dengan Kualitas Layanan Guru dengan koefisien korelasi ry.12 = 0,7143, dan koefisien determinasi ry2.12 = 0,5102 yang berarti kontribusi Efektivitas Program Pelatihan terhadap Kualitas Layanan Guru sebesar 51,02% dan persamaan regresi Y = 67,958 + 0,6009X1 + 0,1537X2. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Kualitas Layanan Guru dapat ditingkatkan melalui Efektivitas Program Pelatihan dan Kepribadian.
KATA KUNCI: Program Pelatihan Dan Kepribadian, Kualitas Layanan Guru
References
Arief. (2007). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia
Baldwin., Bommer & Rubin. (2008). Developing Management Skills What Great Manager Know and Do. NewYork: McGraw Hill
Chris Fill, B.P & Page, K. (2011) Marketing, New York: Oxford University Press
Colquitt, J.A., Lepine & Wesson, M.J. (2011). Organizational Behavior. NewYork: McGraw- Hill.
Dessler & Gary. (2008). Human Resource Management. Upper Saddle River, NJ : Pearson Education, 2008
George., Jenifer, M. & Jones, G.R. (2012). Understanding and Managing Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education
Gibson, J.L., Donnelly, J.H., Ivancevich, J.M & Konopaske, R. (2012). Organizations Behavior, Structure, Processes. Singapore: Fourteenth Edition
Ivancevich, J.M. (2010). Human Resource Management. New York: McGraw-Hill
Kinicki, A & Williams, B.K. (2008) Management Practical Introduction. Third edition, New York: McGraw-Hill
Komariah, A & Triatna, C. (2008). Visionary Leadership Menuju Sekolaf Efektif, Jakarta: Bumi Aksara
Kotler, P. (2000). Marketing Management. New Jersey, Upper Saddle River, NJ : Prentice Hall
Mangkunegara, A.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung, P.T. Remaja Rosda Karya
Mathis, R.L & Jackson, Human Resource Management, Nineth Edition. Mason, OH : Cengage Learning
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Retnowati, R. (2008). Metodologi Penelitian. Bogor: Program Pascasarjana Universitas Pakuan
Riduwan & Sunarto. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Sosial. Bandung : Alfabeta, 2009
Sachdev, Sheetal B & Harsh V. Verma. (2004). Relative Importance Of Service Quality Dimension : A Multisectoral Study. Journal Of Service Research, Institute of International Management And Technology,
Sallis, E. (2008). Total Quality Management in Education. Yogyakarta: IRCiSoD
Sedarmayanti. (2012). Manajemen dan komponen terkait lainnya, Bunga rampai dan kumpulan bahan ceramah serta presentasi di forum Nasional, Pascasarjana, orasi ilmiah dan lainlain. Bandung: PT. Refika Aditama, 2012.
Shane, Mc & Glinow, V. (2011). Organiztional Behaviour. USA: University Press. ugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta, 2010
Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: 10.33751/jmp.v4i1.417
Refbacks
- There are currently no refbacks.