Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja dengan Komitmen Guru Terhadap Organisasi Sekolah Raudhatul Athfal Di Kota Bogor

Siti Wilda Malik, Sumardi Sumardi, Djoehana Djoehana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi kerja dengan komitmen guru terhadap organisasi. Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal se-Kota Bogor pada tahun 2015 dengan jumlah sampel sebanyak 131 orang yang diambil secara proporsional random sampling. Metode yang digunakan yaitu survei dan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi dan regresi linier sederhana serta korelasi dan regresi linier ganda. Adapun pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: Pertama: Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan komitmen guru terhadap organisasi, yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry1= 0,307 dan persamaan regresi Y=84,42 + 0,34X2 Koefisien determinasi ry12 = 0,094, artinya kecerdasan emosional guru memberikan kontribusi sebesar 9,4% terhadap komitmen guru terhadap organisasi. Kedua: Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi kerja dengan komitmen guru terhadap organisasi, yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry2=0,514 dan persamaan regresi Y=59,94 + 0,54X2. Koefisien determinasi ry2y2 = 0,264, artinya motivasi kerja memberikan kontribusi sebesar 26,4% terhadap komitmen guru terhadap organisasi. Ketiga: Terdapat hubu- ngan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan komitmen guru terhadap organisasi koefisien korelasi ganda ry.12 = 0,518 dan persamaan Y= 20,141 + 0,616X1 + 0,219X2. Koefisien determinasi ry.122 = 0,268, artinya kecerdasan emosional dan motivasi kerja secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 26,8% terhadap komitmen guru terhadap orga- nisasi. Semakin baik kecerdasan emosional guru dan semakin tinggi motivasi kerja secara bersama-sama maka komitmen guru terhadap organisasi akan lebih meningkat.

KATA KUNCI: Keinovatifan Guru, Kompetensi Pedagogik, Kepemimpinan


References


Bobby, De & Hernacki, M. (2011). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenang- kan, terj. Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa

Colquitt, J.A., Lepine, J.A & Wesson, M.J. (2009). Organizational Behavior Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York : Mc Graw - Hill/Irwin.

Dahlia, L. (2014). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja dengan Komitmen Terhadap Organisasi Guru SD Negeri Bojonggede. PPs UNPAK: Tesis tidak diterbitkan.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gibson, J.L., Jhon M. Ivancevich, James H. Donnelly Jr., & Robert Konopaske .(2012). Organizations: Behavior, Structure Processes. Fourteenth Edition. New York: The Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Ginanjar, A.A. (2009). ESQ : Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Arga Publishing.

Hujaemah, H. (2013). Hubungan antara Kepemimpinan Situasional dan Motivasi Kerja dengan Komitmen Organisasional Guru SMP Swasta di Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. PPs Unpak: Tesis tidak diterbitkan

Koswara, D & Halimah. (2008). Seluk Beluk Profesi Guru. Bandung: Pribumi Mekar

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Reuven, B. (2001). Emotional Intelligence and Self- Actualization, Emotional Intelligence in Everyday Life: A Scientific Inquiry. America: Psychology Press Taylor & Francis

Rivai, V & Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Suhardi, E. (2012). Modul Teknik Analisis Data; Kalibrasi Instrumen. Bogor: Program Pascasarjana Unpak.

Surbakti, E.B. (2012). Management Perusahaan: Solusi Cerdas Meningkatkan Profit. Jakarta: Praninta Aksara,

Sutrisno, E. (2011). Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Syamsudin, A. M. (2009). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taylor, R. (2008). The Complete Mind Make Over Ubahlah Hidup Anda untuk Mencapai Sukses, Terj. Lusiana Rimintang. Jakarta: Erlangga.

Triyono, A. (2012). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia: Kunci Sukses Meningkatkan Kinerja, Produktivitas, Motivasi, dan Kepuasan Kerja. Yogyakarta: Oryza.

Wibowo. (2012). Manajemen Kerja. Jakarta: Raja wali Pers.

Wipperman, J. (2006). Meningkatkan Kecerdasan Emosional, terj. Winianto. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2006


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v4i1.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.