Pembelajaran Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing dan Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD
Abstract
Pendidikan merupakan investasi masa depan yang menjadi pilihan utama bagi setiap keluarga dan bangsa terutama bangsa yang sedang berkembang. Pendidikan merupakan salah satu unsur yang terpenting dalam perkembangan manusia karena dengan pendidikan akan dihasilkan manusia-manusia yang berkualitas. Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan manusia yang berkualitas. Dalam hal ini, sekolah tidak hanya berperan dalam edukasi yaitu proses pendidikan yang menekankan pada kegiatan pendidik, akan tetapi di dalam sekolah juga terjadi proses sosialisasi, proses perubahan tingkah laku pada siswa. Penelitian dilaksanakan melalui siklus yang berdaur ulang yang berulang secara berkesinambungan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua tindakan pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) serta analisis dan refleksi. Hasil penelitian memperlihatkan perubahan secara signifikan dilihat dari peningkatan hasil belajar baik kognitif, afektif, dan psikomotor nilai kognitif pada siklus pertama mencapai klasikal sebesar 44%. pada siklus kedua pencapaian klasikal sebesar 84 %. Nilai rata-rata kelas pada siklus pertama adalah 69 pada siklus kedua nilai rata-rata sebesar 84.36. Nilai afektif pada siklus pertama mencapai rata-rata skor 77 (kurang). Pada siklus kedua mencapai rata-rata skor 80.36 (B). Nilai psikomotor pada siklus pertama mencapai rata-rata skor 14 (B). Pada siklus kedua mencapai ratarata skor 19.12 (A). Begitupula antusiasme belajar siswa pada siklus pertama On Task 87 % off Task 13 %. Pada siklus kedua mencapai On Task 98 % Off Task 2 %. Berdasarkan hasil temuan di atas dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri terbimbing dan Picture and Picture dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
KATA KUNCI: Hasil Belajar IPS, Inkuiri Terbimbing dan Picture and Picture
References
Amri, S. (2010). Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati & Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, S.B.(2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. (2006). Pendekatan Baru Strategi Belajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Mulyana, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya
Mulyana, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosdakarya
Richards, J.C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge University Press
Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadirman. (2007). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sapriya., Sundawa, D & Masyitoh, L. (2006). Pembelajaran dan Evaluasi Hasil belajar IPS. Bandung: UPI.
Sudrajat,H. (2001). Implementasi KBK. Bandung: PT Cipta Rieka Grafika
Sujana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumardi. (2007). Profesi Kependidikan. Bogor: FKIP UNPAK
Supriono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suryabrata, S. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers Sutardi, D & Sudirjo, E. (2007). Pembaharuan dalam PBM di SD. Bandung: UPI PERSS
Sutikno, M.B. (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Jakarta: NTP Press Mataram
Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Wiraatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya
Woolfolk, A. (2009). Educational Psychologi active Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yufiarti. (2009). Psikologi Pendidikan dan Penerapannya. Jakarta: Pusat Pengembangan Kemampuan Manusia
DOI: 10.33751/jmp.v4i1.419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/