Implementasi Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah

Dinda Velita Bela, Fitri Nur Mahmudah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perwujudan pendidikan karakter religius melalui kultur sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Uji keakuratan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah meliputi budaya sholat dhiha, sholat sebelum dan sesudah pembelajaran, berupa benda fisik dan bangunan yang bernilai religius, sebagai artefak yang bernilai religius, dan sebagai objek yang bernilai moral. Semua bangunan dan benda fisik digunakan untuk memperkuat lingkungan yang mendukung karakter religius. Budaya perilaku iman, ibadah dan budaya perilaku yang layak untuk pendidikan akhlak dihayati dan diteladani. Budaya terakhir adalah budaya berpikir berupa visi dan misi pesantren, pemikiran religius siswa dan guru yang dituangkan dalam karya seperti sajadah dan slogan. Budaya ide diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaannya didukung oleh faktor-faktor seperti daya tampung yang memadai dan partisipasi seluruh anak sekolah dalam budaya sekolah. Faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran sebagian siswa dan perbedaan kemampuan siswa. 


Keywords


budaya sekolah; implementasi; karakter religius

References


Aflahul, Awwalina. 2019. “ANALISIS IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Mi):5–24.

Ahmad, Kahardian. 2021. “Manajemen Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di Man 2 Banyuwangi.” Skripsi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Alhuda, Najib Subchan. 2020. “Manajemen Kesiswaan Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Membentuk Karakter Siswa.” Media Manajemen Pendidikan 3(2):208. doi: 10.30738/mmp.v3i2.4655.

Amelia, Mitha, and Zaka Hadikusuma Ramadan. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6):5548–55. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1701.

Annisa, Firdah, Badruli Martati, and Deni Adi Putra. 2023. “Penerapan Karakter Religius, Nasionalis, Dan Integritas Dalam Budaya Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Glasser 7(1):122–32.

Aprilia, Anisa, and Effendi Nawawi. 2023. “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah.” Jurnal Pengabdian West Science 2(01):109–20. doi: 10.58812/jpws.v2i01.157.

Faizah, Nurul. 2019. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMP SANTO BERNARDUS MADIUN.” Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi 2(1):1–19.

Husein, Afif. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Unggul Di SD Muhammadiyah Plus Dan SD Islam Al-Azahar 22 Kota Salatiga.” Innovative Education Journal 4(3):1–13.

Husnah, Safiratul. 2016. Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Vol. 1.

Imron, Dita Fathi Chotul, and Feri Tirtoni. 2023. “Implementation of Teaching Religious Character Through School Culture to Grade 3 Students at Muhammadiyah Elementary School 2 Taman Sepanjang.” Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies 5:1–10. doi: 10.21070/jims.v5i0.1576.

Indarti, Devi. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah Di SDIT Jabal Nur Gamping.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 33(7):3.271-3.282.

Indarwati, Eni. 2020. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah.” Media Manajemen Pendidikan 3(2):163. doi: 10.30738/mmp.v3i2.4438.

Judiani, Sri. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 16(9):280–89. doi: 10.24832/jpnk.v16i9.519.

Khairani, Alfira Nur, and Muhib Rosyidi. 2022. “Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9(2):199–210. doi: 10.30997/dt.v9i2.6317.

Khoirul, Muhamad, Anam Ma, and Ahmad Nurul Kawakip. 2023. “Penerapan Nilai -Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah Di MI Ar Rahmah Jabung - Malang.” 05(02):1769–78.

Lutfiana, Rose Fitria, Aflahul Awwalina Mey R, and Trisakti Handayani. 2021. “Analisis Implementasi Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Karakter 12(2):174–83. doi: 10.21831/jpka.v12i2.35499.

Mahmudah, Fitri Nur. 2021. Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas.Ti Versi 8. Vol. 1.

Miles, B. Mattew, Michael A. Huberman, and Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis a Methods. Vol. 3. 3rd ed. United States of America: SAGE Publications, Inc.

Muna, B., M. A. Rahman, and S. Amelia. 2022. “Pentingnya Manajemen Kesiswaan Bagi Peserta Didik Di Sekolah.” Tugas Mata Kuliah … 57–66.

Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05(03):10192–204.

Nuraeni, Intan, and Erna Labudasari. 2021. “Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa Di SD IT Noor Hidayah.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 5(1):119. doi: 10.20961/jdc.v5i1.51593.

Prantika, Asmariani, B. R. Kaban, Sekolah Tinggi, Keguruan Dan, Ilmu Pendidikan, and Widya Yuwana. 2023. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMP SANTO BERNARDUS MADIUN.”

Pratama, Dinar, Fitri Nur Mahmudah, and Syamsul Kamar Tn. 2022. “Pembelajaran Tatap Muka Menumbuhkan Karakter Siswa Di Sma Muhammadiyah Tanjung Redeb.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2):16286–97. doi: 10.31004/jptam.v6i2.5062.

Rahayu, Arum Widhi, Harto Nuroso, and Singgih Adhi Prasetya. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah ‘ Shalat Berjamaah .’” Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah 2(3):432–37.

Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Kualitatif.” 13:85–100.

Yahya, Safaruddin. 2022. “Implementasi Karakter Religius Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendekia Kota Baubau.” Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar 2(2):136–43.

Yani. 2019. “MEMBENTUK AKHLAK SISWA.” 15–23.

Yulianti, Junari, Halimah Thusa’diah, and Andi Prastowo. 2023. “Pengembangan Kurikulum Melalui Analisis Budaya Sekolah Dalam Mendukung Penguatan Karakter Religius Dan Nasionalis Di Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(3):1907–15. doi: 10.54371/jiip.v6i3.1712.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v12i2.8712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.