PENGEMBANGAN MODEL IN-HOUSE TRAINING BERBASIS INTERNET MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAMAN KANAK-KANAK

Farida Wulandari

Abstract


Penelitian untuk mengembangkan model in-house training berbasis internet perlu dilakukan guna membantu guru taman kanak-kanak dalam mencari pengetahuan tentang konsep belajar-mengajar secara efektif dan efisien. Tindakan penelitian ini berlatar alasan bahwa guru taman kanak-kanak menemui kendala dalam mendapatkan pengetahuan tentang konsep belajar-mengajar dikarenakan beberapa faktor, sepert: kurang dana untuk mengikuti training, sekolah mereka tidak mengadakan training untuk para guru. Sementara itu, telepon genggam yang berdata internet yang mereka punya hanya digunakan sebatas untuk berkomunikasi saja. Melihat kondisi ini, maka dilakukan upaya untuk mengatasi masalah ini, dan bagaimana memanfaatkan telepon genggam berdata internet tersebut, yaitu dengan cara melakukan sebuah penelitan dalam mengembangkan model in-house training berbasis internet yang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mencari pengetahuan tentang konsep belajar-mengajar secara efektifif dan efisien di internet. Pelaksanaan Uji Coba I Terbatas dilakukan di minggu ke empat bulan November 2015 hingga minggu ke tiga bulan Desember 2015 dalam 3 kali tindakan dan satu kali post test, yang diikuti oleh guru-guru dari PAUD Anggrek Putih Sukaresmi Tanah Sareal Kabupaten Bogor, dan mengacu pada Modul In-House Training Berbasis Internet. Kegiatan pada Uji Coba Terbatas II di PAUD Tanjung 3, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, hingga evaluasi. Kegiatan pada Uji Coba Luas I di Smartskul Preschool & Kindergarten, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, hingga evaluasi. Kegiatan pada Uji Coba Luas II di RA Bustanul Athfal, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, hingga evaluasi. Kegiatan pada Uji Coba Luas III di TK Harapan Ibu, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, hingga evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam pengembangan model In-House Training Berbasis Internet ini adalah Research and Development (penelitian dan pengembangan), karena metode ini secara sistematik dapat membantu cara dalam pengembangan model baru, serta dapat menguatkan model ini sebagai model training baru yang baik. Hal ini dimungkinkan penelitian ini didasari oleh kajian pustaka dan lapangan, kemudian dilakukan uji coba terbatas dan luas, serta diuji kembali melalui proses validasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: survei yang digunakan untuk mengetahui kondisi pendukung dan praktek yang terkait dengan model program in-house training yang akan dikembangkan, penelitian evaluatif yang digunakan dengan uji coba pengembangan model program in-house training, eksperimen yang dilakukan guna menguji keefektifan dari model program in-house training yang dikembangkan. Sebagai input dari pengembangan model In-House Training Berbasis internet adalah; Model in-house training berbasis internet, kepala sekolah dan guru. Sebagai tahapan proses adalah; Perencanaan, Proses, Evaluasi & Refleksi. Sebagai output adalah bahwa dinyatakan model pengembangan In-House Training Berbasis Internet sebagi model in-house training yang terekomendasi.

Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v7i1.961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.