PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANDROID UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
References
Y. M. Rahayu, “Pengaruh perubahan kurikulum 2013 terhadap perkembangan peserta didik,” J. Log., vol. XVIII, no. 3, pp. 22–42, 2016.
A. Kusumam, M. Mukhidin, and B. Hasan, “Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 23, no. 1, pp. 28–39, 2016, doi: 10.21831/jptk.v23i1.9352.
A. A. Fikri et al., “Keterampilan Guru Dlam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21,” J. Educ. Teach., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2021.
A. Hamid, “Guru Professional,” Al-Falah J. Ilm. Keislam. dan Kemasyarakatan, vol. 17, no. 2, pp. 274–285, 2017, [Online]. Available: http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26.
B. Kartowagiran, “KINERJA GURU PROFESIONAL (GURU PASCA SERTIFIKASI) Badrun,” J. Cakrawala Pendidik., vol. 44, no. 2, pp. 8–10, 2011.
G. Prananda and Hadiyanto, “Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar,” J. basicedu, vol. 3, no. 3, pp. 524–532, 2019.
Z. Trinova, “Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik,” Al-Ta lim J., vol. 19, no. 3, pp. 209–215, 2012, doi: 10.15548/jt.v19i3.55.
N. H. D. R. K. ULVA, “Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran 34,” J. Pendidik. DAN PEMBELAJARAN DASAR, 2017.
M. Ridha, Firman, and Desyandri, “Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 154–162, 2021, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/925.
R. Pittschellis, “Multimedia support for learning factories,” Procedia CIRP, vol. 32, no. Clf, pp. 36–40, 2015, doi: 10.1016/j.procir.2015.06.001.
A. Martono, A. Yulianjani, and W. Hidayat, “APLIKASI INTERACTIVE LEARNING UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS BUAH-BUAHAN BAGI ANAK-ANAK DENGAN PIRANTI MOBILE SMARTPHONE,” ICIT J., 2018, doi: 10.33050/icit.v4i2.89.
J. M. Spector, “Component Display Theory,” in The SAGE Encyclopedia of Educational Technology, 2455 Teller Road, Thousand Oaks, California 91320: SAGE Publications, Inc., 2015.
S. R. Nurhalimah, S. Suhartono, and U. Cahyana, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan,” JRPK J. Ris. Pendidik. Kim., vol. 7, no. 2, pp. 160–167, 2017, doi: 10.21009/jrpk.072.10.
A. Setiadi, P. Yuliatmojo, and D. Nurhidayat, “Pengembangan Aplikasi Android Untuk Pembelajaran Pneumatik,” J. Pendidik. VOKASIONAL Tek. Elektron., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2018, doi: 10.21009/jvote.v1i1.6886.
R. Yektyastuti and J. Ikhsan, “Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 2, no. 1, p. 88, Apr. 2016, doi: 10.21831/jipi.v2i1.10289.
M. Molenda, “The ADDIE model,” Encycl. Educ. Technol. ABC-CLIO, 2003.
D. Desyandri, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah,” pp. 163–174, 2018, doi: 10.31227/osf.io/h86jp.
DOI: 10.55215/jppguseda.v4i3.3744


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.