Pengembangan Media Ajar E-Booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa

Hanifah Hanifah, Triasianingrum Afrikani, Indri Yani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis Research and Development model Four-D yang dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juni 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar e-booklet yang mampu meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi plantae. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI- MIPA 2 di salah satu SMA di Kota Bogor dengan jumlah 36 orang siswa. Uji coba terbatas pada penelitan ini menggunakan one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli, instrumen pilihan ganda dan lembar angket respon siswa terhadap e-booklet. Berdasarkan hasil validasi yang meliputi aspek format, aspek isi, dan aspek bahasa diperoleh rata-rata nilai sebesar 93% termasuk kategori valid dan layak untuk digunakan pada pembelajaran. Hasil nilai N-gain pretest dan postest menunjukan kriteria sedang yakni 55%. Hasil rat-rata Pretest sebelum menggunakan media ajar e-booklet yaitu 52 dengan kategori hasil belajar kurang dan hasil rata-rata Postest setelah menggunakan media ajar e-booklet sebesar 79 dengan kategori hasil belajar yang baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-booklet materi plantae dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa.

 

Kata kunci: Media ajar, E-Booklet, Hasil Belajar Siswa, Plantae


References


REFERENSI

Ami, E. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Journal BioEdu. 1 (2), 10-13

Arikunto,S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Darlen, R.F., Sjarkawi, Lukman, A. (2015). Pengembangan E-book Interkatif Untuk Pembelajaran Fisika SMP. Tekno- Pedagogi 5 (1) : 13-2

Lawshe, C.H. (1975). A Quantitatif Appoach to Content Validity. Personnel Psychology Jurnal. (28): 563-575: Purdue University.

Pralisaputri, K. R., Heribertus. S., & Chatarina.

M. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA.

Rahmatih, (2017). Pengaruh Media Booklet Cherlys Dengan Pendekatan Konstruktivistik Terhadap Hasil Belajar Dan Respon Siswa SMA. 12.

Rengel, Marian. (2019). Encyclopedia of Birth Control. AERA open, 5 (1), 527-536.

Retnowati, R. & Istiana, R. (2018). Metode Penelitian Sosial. Bogor : Langit Arbitter.

Rehusisman,L.(2017).Pengembangan Media Pembelajaran Booklet dan Video sebagai penguatan karakter hidup bersih dan sehat. Jurnal Pendidikan, 2, 9.

Rosdiana., K., & Gloria, R. (2016). Analisis Daya Dukung Laboratorium Ipa-Biologi Dalam Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pada Pembelajaran Biologi Di Ma Nurul Hikmah Haurgeulis. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5 (1), 79-89.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Kencana Prenada Media Group, ed.). Jakarta.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu

Jakarta: Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/jber.v1i1.2631 Abstract views : 6550 views : 4268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Of Biology Education Research (JBER)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.