Pengembangan Media Alat Peraga Papan Genetika Elektrik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa

Dian Rosdiana Dahlan, Oding Sunardi, Rifki Risma Munandar

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan penguasaan konsep siswa SMA dengan pengembangan alat peraga papan genetika elektrik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cigombong Kabupaten Bogor pada tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE dan kelas uji coba sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa 36 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan pre test dan post tes dengan soal pilihan ganda dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis dengan menggunakan N Gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai N Gain penguasaan konsep sebesar 0,57 atau 57 % (kategori sedang) dan hasil angket tanggapan siswa sebesar 90,5% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat peraga papan genetika elektrik mampu meningkatkan pengusaan konsep siswa SMA.

 

Keywords: Alat peraga, papan genetika elektrik, penguasaan konsep


References


Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Ali, M. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan.

Bandung: Angkasa.

Anidityas, N. A., Nur R.U., & Priyantini W. (2012). Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia Pada Kualitas Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Science Education Journal.

Apriliza, N. (2015). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Berupa Bandul dan Statif Pada Materi Getaran di Kelas

VII.2 SMPN 3 Pemulutan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2 (1).

Azis, Y. M. (2013). The Effectiveness of Blended Learning, Prior Knowledge To The Understanding Concept In Economics. Educational Research International, 2 (2).

Dick, W., & Carry, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4th Ed.). New York: Haper Collins College Publishers.

Fristadi, R., & Haninda B. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Jurnal PM-86.

Kurniawan, A.D. (2013). Metode Inkuiri Terbimbing Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Murdiyanto, T., & Yudi M. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sarwahita, ll (1).

Saputra, R. (2017). Cara Menganalisis dan Menghitung Uji Normalitas Gain. http://tutorimaru.blogspot.com/2017/12/u ji-gain-ternormalisasi.html. Diakses pada Oktober 2018.

Sulastri, J., & Hasdin. (2014). Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN 1 Toili. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4 (11).

Utari, V., Ahmad F., & Media R. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep melalui pendekatan PMR dalam pokok bahasan prisma dan limas. Jurnal Pendidikan Matematika Part 3, 33-38.


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/jber.v1i1.2632 Abstract views : 1673 views : 1276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Of Biology Education Research (JBER)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.