Pengembangan Media Membelajaran Berbasis Android Pada Materi Sintesis Protein Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa

Meri Sri Susanti, Nandang Hidayat, Surti Kurniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein untuk meningkatkan kompetensi siswa pada aspek kognitif. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan desain Four D. Penelitian melibatkan 3 orang validator dan 72 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi guru biologi, dan soal tes pilihan ganda pada materi sintesis protein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein rata-rata sebesar 93% dengan kategori Sangat Layak. Kompetensi siswa meningkat dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil, penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein dapat meningkatkan kompetensi siswa. Rekomendasi untuk penelitian lanjutan sebaiknya dilakukan uji coba pada skala luas dengan jumlah siswa yang lebih banyak agar didapatkan data yang lebih akurat.

Keywords


Media Pembelajaran berbasis Android; Sintesis Protein; Kompetensi Siswa

References


Abdullah, Delaila Binti et. Al. (2017). A Review on The Concept of Fourth Industrial Revolution and The Goverments Initiatives To Promote It Among Youths In Malaysia. Faculty of Social And Humanities University Kebangsaan Malaysia.

Anggraeni, Retno Dian, Rudy Kustijono. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Surabaya: Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA).

Arifin, Imron. (2018). Nilai-Nilai Humanistik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Era Globalisasi dan Revolusi Industri 4. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Malang.

Darmawan, Deni. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fatimah, Siti, Yusuf Mufti. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa.

Kusumadewi, Wulandari Adi Putri. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Di Smk Negeri 3 Surabaya.

Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurusan Matematika FMIPA UM.

Lu, Yang. (2017). Industry 4.0: A survey on technologies, applications and open research issue. ELSEVIER Journal of Industrial Information Integration.

Purbasari, Rohmi Julia, M. Shohibul Kahfi, Mahmuddin Yunus. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X.

Purwanto, N. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Putra, Dian Wahyu, A. Prasita Nugroho, Erri Wahyu Puspitarini. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Pasuruan: Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan (JIMP).

Thiagarajan: Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yektyastuti, Risma, Jaslin Ikhsan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA


Full Text: PDF

DOI: 10.55215/jber.v1i1.2635 Abstract views : 1481 views : 1129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Of Biology Education Research (JBER)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.