DETERMINING FACTORS OF GEN-Z VOTERS’ PREFERENCES IN REGIONAL ELECTIONS: A CASE STUDY OF THE 2024 ACEH TENGGARA REGENCY ELECTION
Abstract
Keywords
References
S. L. Tampubolon, T. B. Armanda, D. Y. Manurung, U. Sinaga, L. Nababan, dan J. P. Bangun, “Perilaku Pemilih Gen Z Pada Pemilihan Presiden Tahun 2024: Studi Terhadap Perilaku Mahasiswi Unimed Pada Pemilihan Presiden 2024,” Polit. Progresif J. Huk. Polit. Dan Hum., vol. 1, no. 2, hlm. 299–305, Jun 2024, doi: 10.62383/progres.v1i2.366.
A. S. Simanjuntak dan Y. Djuyandi, “Gen-Z Dan Politik: Menelusuri Strategi Kampanye Media Sosial Atalia Praratya Dalam Pemilu Legislatif 2024,” Aliansi J. Polit. Keamanan Dan Hub. Int., vol. 3, no. 2, hlm. 62–74, Sep 2024, doi: 10.24198/aliansi.v3i2.56107.
T. Suryawijaya, M. R. N. Fauzy, dan N. F. Maulidina, “Peran Media Sosial dalam Membentuk Partisipasi Politik Gen Z Pada Pemilu 2024,” J. Polit. Din. Masal. Polit. Dalam Negeri Dan Hub. Int., vol. 15, no. 2, Art. no. 2, Jan 2025, doi: 10.22212/jp.v15i2.4441.
F. Ilallah, F. Zayyan, D. Pebriani, R. N. Sya’bani, D. Erlina, dan E. Nurlia, “Menelusuri Pola Pemahaman Pemilih Pemula: Perbandingan Antara Pengguna dan Non-Pengguna Media Sosial Twitter dalam Pemilihan Umum 2024 di Kota Serang,” Mandub J. Polit. Sos. Huk. Dan Hum., vol. 2, no. 4, Art. no. 4, Des 2024, doi: 10.59059/mandub.v2i4.1955.
Y. F. Diazzaki dan A. Mubarak, “Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Meningkatkan Partisipasi Generasi-Z Pada Pemilu Tahun 2024 Di Kabupaten Agam,” J. Adm. Pemerintah. Desa, vol. 5, no. 2, Agu 2024, doi: 10.47134/villages.v5i2.139.
A. Fitriyani, A. D. Rosadi, F. Laila, D. Puspita, dan A. Imron, “Determinan Persepsi Perilaku Generasi Milenial Dengan Generasi Z Mempengaruhi Keputusan Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024,” J. Educ. Sci., vol. 10, no. 1, Art. no. 1, Apr 2024, doi: 10.33143/jes.v10i1.3695.
P. P. Hutabarat, W. Widiastuti, dan S. Martadireja, “Persepsi Generasi-Z tentang Political Amateur dalam Pilkada Kota Bengkulu 2024,” J. LENSA MUTIARA Komun., vol. 8, no. 2, Art. no. 2, Des 2024, doi: 10.51544/jlmk.v8i2.5481.
A. P. Sihotang, D. A. H. Barus, E. D. Sidabutar, F. L. Purba, N. Y. Purba, dan T. L. Simanullang, “Pemahaman Terhadap Praktik Demokrasi Gen Z Pada Pemilihan Legislatif Tahun 2024,” BLAZE J. Bhs. Dan Sastra Dalam Pendidik. Linguist. Dan Pengemb., vol. 2, no. 3, Art. no. 3, Jun 2024, doi: 10.59841/blaze.v2i3.1303.
A. Arwita dkk., “Analisis Partisipasi Politik Generasi Z Pada Pilpres 2024 (Study Di Desa Karang Tapen),” J. Sultra Elem. Sch., vol. 5, no. 2, Art. no. 2, Des 2024.
S. A. Irawan dan S. R. P. Lexianingrum, “Analisis Lagu ‘Oke Gas’ Dalam Meningkatkan Reputasi Prabowo-Gibran di Kalangan Gen Z,” IJM Indones. J. Multidiscip., vol. 2, no. 3, Art. no. 3, Jun 2024.
T. Pratama, H. J. Prayitno, E. Purnomo, S. Setyawan, dan M. Ibrahim, “Semiotika Simbolik Pesan Partai Politik PDIP di TikTok Bagi Gen Z pada Era Komunikasi Global,” J. Keilmuan Dan Keislam., hlm. 91–115, Mei 2024, doi: 10.23917/jkk.v3i2.342.
V. Kusumawardani dan B. Cahyanto, “Fenomena Buzzer dan Hoax Pada Sosial Media dalam Menentukan Pilihan Politik Bagi Gen-Z pada Pilpres 2024 dalam Perspekstif Agenda Setting,” PRoMEDIA, vol. 9, no. 2, Art. no. 2, Des 2023, doi: 10.52447/promedia.v9i2.7182.
Azifah dan M. M. K. Sari, “Hubungan Variasi Akses Kampanye Media Sosial Terhadap Budaya Politik Generasi Z Pada Isu Pemilu 2024,” Kaji. Moral Dan Kewarganegaraan, vol. 12, no. 3, hlm. 466–475, 2024, doi: 10.26740/kmkn.v12n3.p466-475.
N. Kadir, “Media Sosial dan Politik Partisipatif: Suatu Kajian Ruang Publik, Demokrasi Bagi Kaum Milenial dan Gen Z,” RESIPROKAL J. Ris. Sosiol. Progresif Aktual, vol. 4, no. 2, hlm. 180–197, 2022.
A. T. Wicaksono, “Problematika dan Upaya Perwujudan Demokratisasi Kelembagaan Internal Partai Politik,” Sosio Yust. J. Huk. Dan Perubahan Sos., vol. 3, no. 2, hlm. 280–296, 2023.
F. X. Wartoyo dan Y. P. Ginting, “Sosialisasi Generasi Z Dalam Partisipasi Pemilu 2024,” J. Multidisiplin West Sci., vol. 3, no. 02, Art. no. 02, Feb 2024, doi: 10.58812/jmws.v3i02.963.
S. M. Ummah, M. A. Munandar, dan N. Arumsari, “Peningkatan Partisipasi Politik Pemilih Pemula melalui Preferensi Politik Media Sosial pada Pemilu 2024: Incerasing the Political Participation of Beginning Voters through Social Media Political Preferences in the 2024 Election,” PengabdianMu J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 9, no. 6, Art. no. 6, Jul 2024, doi: 10.33084/pengabdianmu.v9i6.6832.
W. Kuncoro, D. Wisadirana, dan A. Mashuri, “Characteristics Of Generation Z On Social Media Ahead of the 2024 Election in Indonesia,” Int. J. Relig., vol. 5, no. 10, Art. no. 10, Jul 2024, doi: 10.61707/kjeegz45.
M. E. Malau, M. R. Rikin, H. S. Kartika, dan D. Ardiansa, “Analisis Perilaku Memilih Pada Pemilih Pemula Menjelang Pemilu 2024 Melalui Penerapan Konsep Voting Advice Application,” Polit. J. Ilmu Polit., vol. 16, no. 2, Art. no. 2, Jul 2024, doi: 10.32734/politeia.v16i2.14286.
M. Abdullah, K. A. Hakam, W. Wilodati, dan R. Ratnafitria, “Analysis of Vote Behavior in Election (Psychological Study of Election Behavior on the Young Generation),” dipresentasikan pada 3rd International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2019), Atlantis Press, Feb 2020, hlm. 147–150. doi: 10.2991/assehr.k.200130.158.
I. I. Yusran dan S. Sapar, “Pengaruh Media Sosial Dan Perilaku Pemilih Dalam Memprediksi Partisipasi Pemilih Pada PEMILU 2024 (Studi Di Kecamatan Mappedeceng Kab. Luwu Utara),” J. Darma Agung, vol. 30, no. 2, Art. no. 2, Agu 2022, doi: 10.46930/ojsuda.v30i2.1664.
A. Downs, An economic theory of democracy. New York : Harper, 1957. Diakses: 30 Juni 2025. [Daring]. Tersedia pada: http://archive.org/details/economictheoryof0000down
A. Alwi dan St. W. Ram, “Community Typology and Voting Behavior in Elections: A Political Sociology Perspective,” Bul. Poltanesa, vol. 25, no. 2, hlm. 154–161, Des 2024, doi: 10.51967/tanesa.v25i2.3190.
N. Alfiyani, “MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK,” Potret Pemikir., vol. 22, no. 1, Art. no. 1, Des 2018, Diakses: 2 Mei 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/PP/article/view/762
F. Marquart, J. Ohme, dan J. Möller, “Following Politicians on Social Media: Effects for Political Information, Peer Communication, and Youth Engagement,” Media Commun., vol. 8, no. 2, hlm. 197–207, Mei 2020.
“The social media political participation model: A goal systems theory perspective.” Diakses: 2 Mei 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://journals.sagepub.com/doi/epub/10.1177/1354856517750366
I. K. W. P. Yasa, “Personal Branding of Politicians through Social Media as Political Communication in Attracting Gen-Z People,” J. Pewarta Indones., vol. 6, no. 1, Art. no. 1, Apr 2024, doi: 10.25008/jpi.v6i1.145.
S. Bradshaw, P. N. Howard, B. Kollanyi, dan L.-M. Neudert, “Sourcing and Automation of Political News and Information over Social Media in the United States, 2016-2018,” Polit. Commun., Mar 2020, Diakses: 2 Mei 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/10584609.2019.1663322
A. Zuhdi, C. Suryana, R. Pedrason, S. Sasono, dan A. M. Habibie, “Digital Campaign: Character Branding and Framing towards the 2024 Presidential Election,” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan Dan Kemasyarakatan, vol. 17, no. 1, Art. no. 1, Jan 2023, doi: 10.35931/aq.v17i1.1797.
P. Muslim, “Political Communication And Personal Branding: A Case Study Of The Campaign Of Jakarta Dprd Candidate William Aditya Sarana In The 2024 Election,” J. Ilm. Ilmu Komun. Commun., vol. 7, no. 2, Art. no. 2, Apr 2025, doi: 10.62144/jikq.v7i2.508.
D. Manek dan I. Fadah, “Effectiveness of Digital Marketing Strategies and Political Brand Reinforcement,” JEM17 J. Ekon. Manaj., vol. 9, no. 1, hlm. 41–56, 2024.
A. Aminuddin, R. D. Nasution, dan A. Pia, “Political Branding sebagai Instrumen Komunikasi Politik di Era Digital,” War. Dharmawangsa, vol. 19, no. 1, Art. no. 1, 2025, doi: 10.46576/wdw.v19i1.6009.
A. N. Hidayati, “Personal Branding Anies Baswedan Calon Presiden Indonesia 2024 Melalui Media Sosial Instagram,” J. Desain, vol. 11, no. 2, Art. no. 2, Jan 2024, doi: 10.30998/jd.v11i2.21907.
S. A. Zahra, R. R. Manogari, dan D. I. Islami, “Kampanye Digital Politisi Muda Adiguna Daniel Dalam Membangun Personal Branding Melalui Tiktok,” J. Cyber PR, vol. 4, no. 2, Art. no. 2, Des 2024, doi: 10.32509/cyberpr.v4i2.4638.
“Perilaku Pemilih Gen Z Pada Pemilihan Presiden Tahun 2024: (Studi Kasus Organisasi Gerakan Pramuka Mahasiswa UNIMED) | SOSIAL : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS.” Diakses: 30 Januari 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.appisi.or.id/index.php/sosial/article/view/152
190801026 Muhammad Azis, “Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Penentuan Hak Pilih Gen Z Pada Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2024 (Studi Mahasiswa/I Fisip UIN Ar-Raniry Banda Aceh),” masters, UIN Ar-raniry, 2025. Diakses: 30 Januari 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.ar-raniry.ac.id/cgi/users/home?screen=EPrint::Edit&eprintid=38823&stage=core#t
A. F. Pakpahan dkk., “Pengaruh FoMO (Fear of Missing Out) dalam Perspektif Gen Z terhadap Pesta Demokrasi 2024,” Pendek. J. Pendidik. Berkarakter, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Jan 2024, doi: 10.51903/pendekar.v2i1.587.
J. W. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, 4 ed. Michigan: Sage Publication, 2014.
L. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, 40 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2021.
M. B. Miles, A. M. Huberman, dan J. Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 3 ed. California: Sage, 2014.
P. F. Lazarsfeld, B. Berelson, dan H. Gaudet, The People’s Choice: How the Voter Makes Up His Mind in a Presidential Campaign, Legacy Edition. Columbia University Press, 2021, hlm. 224 Pages.
A. Amrullah, U. Umar, dan L. Suharli, “Pengaruh Strategi Komunikasi Politik terhadap Partisipasi Politik Masyarakat dengan Perilaku Pemilih sebagai Variabel Moderasi dalam Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tahun 2018 di Kota Sumbawa | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan”, Diakses: 2 Mei 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/1984
A. Campbell, P. E. Converse, W. E. Miller, dan D. E. Stokes, The American Voter. Chicago, IL: University of Chicago Press, 1980. Diakses: 30 Juni 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://press.uchicago.edu/ucp/books/book/chicago/A/bo24047989.html
J. Knoll, J. Matthes, dan R. Heiss, “The social media political participation model: A goal systems theory perspective,” Convergence, Jan 2018, doi: 10.1177/1354856517750366.
RGZ1, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 4 Mei 2025.
RGZ10, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 10 Mei 2025.
RGZ14, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 10 Mei 2025.
RGZ3, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 4 Mei 2025.
RGZ13, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 10 Mei 2025.
RGZ5, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 4 Mei 2025.
RGZ6, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 7 Mei 2025.
RGZ15, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 11 Mei 2025.
RGZ2, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 4 Mei 2025.
RGZ4, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 4 Mei 2025.
RGZ11, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 10 Mei 2025.
RGZ12, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 10 Mei 2025.
RGZ8, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 7 Mei 2025.
RGZ9, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 7 Mei 2025.
RGZ28, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 13 Mei 2025.
A. Setiawan, “Analisis Yuridis terhadap Penataan Struktur Organisasi Kementerian dalam Rangka Peningkatan Reformasi Birokrasi,” Supremasi Huk. J. Kaji. Ilmu Huk., vol. 10, no. 2, hlm. 117–142, 2021.
RGZ22, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 11 Mei 2025.
RGZ26, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 13 Mei 2025.
RGZ18, “Faktor Penentu Preferensi Pemilih Gen-Z Acej Tenggara Pada Pemilihan Bupati Tahun 2024,” 11 Mei 2025.
A. Fitriyani, A. D. Rosadi, F. Laila, D. Puspita, dan A. Imron, “Determinan Persepsi Perilaku Generasi Milenial Dengan Generasi Z Mempengaruhi Keputusan Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024,” J. Educ. Sci., vol. 10, no. 1, Art. no. 1, Apr 2024, doi: 10.33143/jes.v10i1.3695.
DOI: 10.33751/jhss.v9i2.12617
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.