Adolescent Digital Literacy Behavior On The Internet In Fulfilling Social Functionality (An Exploratory Study: Participants In Kompas Gramedia National Journalism)
Abstract
Keywords
References
F. Mulyono, “Materialisme : Penyebab dan Konsekuensi,” Bina Ekon. Maj. Ilm. Fak. Ekon. Unpar, vol. 15, no. 2, pp. 44–58, 2011.
Maryono dan Istiana, “Pemanfaatan internet dan dampaknya pada pelajar sekolah menengah atas di surabaya,” Libri-Net, vol. 3, no. 1, pp. 407–412, 2007, [Online]. Available: http://journal.unair.ac.id/filerPDF/ln5ba2011865full.pdf
R. S. Sasmita, “Research & Learning in Primary Education Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 1, pp. 1–5, 2020.
A. N. Qomariyah, “Perilaku Penggunaan Internet Pada Kalangan Remaja di Perkotaan,” Universitas Airlangga Surabaya, 2009.
D. Iskandar and M. Isnaeni, “Penggunaan Internet Di Kalangan Remaja Di Jakarta,” Commun. J. Commun. Stud., vol. 6, no. 1, p. 57, 2019, doi: 10.37535/101006120194.
S. Livingstone, L. Haddon, A. Görzig, and K. Ólafsson, “Risks and safety on the internet: the perspective of European children: full findings and policy implications from the EU Kids online survey of 9-16 year olds and their parents in 25 countries,” LSE, London EU Kids Online, p. 170, 2011, [Online]. Available: http://eprints.lse.ac.uk/33731/1/Risks and safety on the internet%28lsero%29.pdf
A. N. R. * A. F. Saufa, M. F. W. * Iskandar, J. H. * M. V. Setiawan, R. R. * R. Prasetyawati, R. * S. Yusuf, and V. M. * Y. Rohmiyat, Antologi Literasi Digital. 2017. [Online]. Available: file:///C:/Users/user/Documents/tugas liped olgaaaaaa/print eko/tugas dan materi 111/New folder/prink krs dan khs/NDH. Adhistie. 1407618037/file proposal/refrensi buku LD/Buku Antologi Literasi Digital.pdf
S. T. Raharjo and B. Wibhawa, “Pengantar Pekerjaan Sosial Unpad Press,” p. 287, 2016, [Online]. Available: lppm.unpad.ac.id
T. M. Safitri, T. S. Susiani, and S. Suhartono, “Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 2985–2992, 2021, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1029
K. D. Fhadila, “Karakteristik Perilaku dan Kepribadian pada Masa Remaja,” J. Penelit. Guru Indones., vol. 2, no. 2, pp. 17–23, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/220
M. M. Hlongwane and K. C. Lawrence, “Adolescents’ social functioning and its relationships with social Internet use, parental care, and peer influence in this time period,” Hum. Behav. Emerg. Technol., vol. 3, no. 5, pp. 969–977, 2021, doi: 10.1002/hbe2.298.
H. Z. Arifin, “Perubahan Perkembangan Perilaku Manusia Karena Belajar,” J. Pendidik. Dan Ilmu Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 53–79, 2017.
J. W. Creswell and J. D. Creswell, Mixed Methods Procedures. 2018.
E. Purba and P. Simanjutntak, Metode Penelitian. Medan: Percetakan SADIA, 2011.
L. E. Yulianti, “NETIQUETTE: Penguatan Soft Skill Netizen untuk Generasi Berkarakter,” Garuda Garba Rujukan Digit., vol. Vol.2, 2021, [Online]. Available: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2508574
O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
R. A. Khalil and M. B. Santoso, “Generasi Sandwich: Konflik Peran Dalam Mencapai Keberfungsian Sosial,” Share Soc. Work J., vol. 12, no. 1, p. 77, 2022, doi: 10.24198/share.v12i1.39637.
T. Murtiana and N. Hidayah, “Kompleksitas Peran Wanita Pada Keluarga Dengan Pola Karir Ganda,” J. Pendidik. Sosiol., pp. 1–17, 2018.
Nurhadi and H. F. Rahmawati, Mengenal Lingkungan Sekitar Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtiadiyah. Jakarta, 2008.
H. Nisak, “Efektivitas Literasi Digital Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sman 1 Palembang,” Semin. Nas. Pendidik. PPs Univ. PGRI PALEMBANG 2021, pp. 143–153, 2021.
S. Marwan and H. Pasrizal, “Manajemen Pemenuhan Kebutuhan Anak Di Keluarga Dalam Perspektif Gender,” AGENDA J. Anal. Gend. dan Agama, vol. 2, no. 1, p. 65, 2020, doi: 10.31958/agenda.v2i1.1993.
Ayu Rizki Septiana and Moh. Hanafi, “Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka,” Joong-Ki J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 380–385, 2022, doi: 10.56799/joongki.v1i3.832.
E. Sumiati and Wijonarko, “Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada Saat Pandemi Covid-19,” Bul. Perpust. Univ. Islam Indones., vol. 3, no. 2, pp. 65–80, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799
DOI: 10.33751/jhss.v7i3.9304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.