ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PGSD

Fitri Siti Sundari, Yuli Muliyawati

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran apa adanya tentang bagaimana keterampilan mahasiswa PGSD yang sedang melaksanakan Program Pengalaman Lapangan di 5 (lima) sekolah dasar di Bogor. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil analisis dokumen, observasi, dan wawancara dengan guru, siswa, dan mahasiswa PGSD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semeru I, SDN Polisi 4, SDN Semplak I, SDN Lawanggintung I, dan SDN Lawanggintung II Bogor. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk narasi, uraian, penjelasan, dan penilaian dari informan baik lisan maupun tulisan yang dideskripsikan dalam bentuk catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa PGSD yang sedang melaksanakan PPL di SDN Semeru I, SDN Polisi 4, SDN Semplak I, SDN Lawanggintung I, dan SDN Lawanggintung II Bogor. Informan dalam penelitian ini adalah dosen pembimbing PPL dan guru pamong di SDN Semeru I, SDN Polisi 4, SDN Semplak I, SDN Lawanggintung I, dan SDN Lawanggintung II Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menjelaskan sudah dikuasai dengan sangat baik. Sedangkan keterampilan bertanya, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan memberikan penguatan sudah memperoleh hasil yang baik. Keterampilan mengadakan variasi memperoleh hasil yang cukup baik.

 

Kata Kunci : keterampilan bertanya, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengajar kelas kecil dan perorangan, keterampilan mengadakan variasi, mahasiswa PGSD.


References


Abimanyu, S. (1985). Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran. Jakarta: P2LPTK DIKTI

Alma, B, dkk. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung. Alfabeta.

Anitah, Sri. 2009. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas terbuka

Anitah, W. 1987. Microteaching dan Supervisi Klinis . Surakarta: FKIP UNS.

Arikunto, S. .2003.. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2003. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Edisi Revisi. Surabaya : Insan Cendekia.

Darmadi, Hamid. 2012. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Hasibuan, J.J, Dip. Ed, dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marno,dan Idris. 2010 . Strategi dan Metode Pengajaran . Jogjakarta : Arruz media

Usman, Moh. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Saud, Syaefudin, Udin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung. Alfabeta

Sukirman, D. (2004). Konsep dan Aplikasi Micro Teaching. Bandung: Pusat Pelayanan dan Pengembangan Media pendidikan (P3MP) UPI.

Sumantri, M. 1999. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: P2LPTK Dirjen DIKTI.

Suwandi, O. & Cecep, S.R. (1996). Teknik-Teknik Keterampilan Proses Belajar Mengajar bagi Guru SD. Bandung: Yayasan Pena Bangsa.

Tim FKIP. 2011. Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka

Wardani, I.G.K. dan Julaeha, Siti, Ngadi Marsinah. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta. Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin s. Dkk. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: universitas terbuka.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagog.v1i1.225 Abstract views : 10099 views : 6675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PEDAGONAL | JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.