ARTICULATE STORYLINE: SEBUAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SEL

Fina Suhailah, Muhammad Muttaqin, Idad Suhada, Dindin Jamaluddin, Epa Paujiah

Abstract


Kendala yang terjadi pada saat mengajar  yaitu kurangnya media untuk diperlihatkan ke siswa tentang materi sel dan kurangnya sumber daya dalam pemanfaatan fasilitas yang tersedia di MA Pondok Quran di era pandemi seperti sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media, mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi sel. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development dengan model penelitian 4D dimodifikasi menjadi 3D yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel. Sumber data pada penelitian ini adalah validator yaitu ahli media dan ahli materi, guru bidang mata pelajaran biologi dan siswa kelas XI IPA MA Pondok Quran. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi ahli media, validasi ahli materi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dengan link akses https://bit.ly/MediaInteraktifSelXI. Uji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi sel diperoleh hasil 85,28 persen. Respon siswa terhadap media pembelajaran mendapat hasil 83,6 persen dengan kriteria sangat positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline sangat layak digunakan sebagai media belajar yang efektif untuk siswa kelas XI MIPA MA Pondok Quran.

Keywords


Pengembangan Media; Media Pembelajaran Interaktif; Articulate Storyline; Kelayakan; Respon

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Ghozali, F. A., & R. P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Studio 13 Kompetensi Dasar Arsitektur dan Prinsip Kerja Fungsi Setiap Blok Plc Di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Elektro, 05 (01): 223-228.

Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2): 1-10.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Prasetyawati, P. (2019). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Dalam Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri Se Kota Palu. e Jurnal katalogis, 4 (10), 130-137.

Pratomo dan Agus. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Jurnal POSITIF, 1(1): 14-28.

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permanasari, L. (2012). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2): 99-109.

Purnama, & Asto. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Informatika Dasar Kelas X TEI Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Rafmana, H., Umi Chotimah, & Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI di SMA Srijaya Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, Vol 5 (1): 52-65.

Rianto, R. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84-92

Saluky, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web dengan Menggunakan Wordpress. Retrieved Desember 19, 2020, from Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Trianto. (2004). Model Pembelajaran terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Jurnal ilmiah foristek, 2(1): 143-152.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/pedagonal.v5i1.3208 Abstract views : 6220 views : 3987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.