The Effect of Self Efficacy and Learning Independence on English Speaking Ability
Abstract
Keywords
References
Aminah, M., & Maulida, I. (2020). Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 132-138. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.702
Ananda, P. I. & Leonard. (2019). Modifikasi model pembelajaran tipe numbered heads together (NHT) dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.801.
Aprilianti, I., Sunardi, S., & Erfan, Y. (2019). Etnomatematika pada aktivitas petani kakao desa Temuasri Sempu Banyuwangi sebagai bahan ajar siswa. Saintifika, 21(1). Retrieved from: https://jurnal.unej.ac.id/index,php/STF/article/view/9715.
Arifin, L. (2013). Upaya konselor dalam membimbing belajar siswa di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 201-218. https://doi.org/10.21043/kr.v4i2.1004.
Ayundhaningrum, Y. & Siagian, R. (2017). Pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 3(1), 23-32. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2060.
Budiyanto, A. M. & Rohaeti, E. E. (2014). Mengembangkan kemampuan berfikir kreatif dan kemandirian belajar siswa SMA melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pembelajaran MIPA, 19(2), 166-172. Retrieved from: http://journal.fpmipa.upi.edu?index.php/jpmipa/article/view/457.
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389. Retrieved from: http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/78.
Evaliana, Y. (2015). Pengaruh efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1(1), 53-60. Retrieved from: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1666.
Fatihah, M. A. (2016). Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar PAI siswa kelas III SDN Panularan Surakarta. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.22515/atttarbawi.v1i2.200.
Febriani, V. (2016). Pengaruh efikasi diri dan regulasi diri terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS. BASIC EDUCATION, 5(24), 2355-2364. Retrieved from: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/4204.
Ghufron, M. N. & Suminta, R. R. (2013). Efikasi diri dan hasil belajar matematika. Buletin Psikologi, 21(1). https://doi.org/10.22146/bpsi.9843.
Hardianti, N. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Speaking Siswa Kelas X Sekolah IPEKA BSD (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan). http://respository.uph.edu/id/eprint/10194
Hardianti, N., & Marpaung, M. P. (2021). PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SPEAKING SISWA KELAS X. Jurnal Pendidikan, 22(1), 43-52. https://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/976
Hotimah, E. (2017). Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10-18. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.30
Khotimah, R. H., Radjah, C. G., & Handarini, D. M. (2016). Antara konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri di kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2). http://dx.doi.org/10.17977/umoo1vli22016p060.
Kuncara, S. D. (2013). Analisis terjemahan tindak tutur direktif pada novel The Godfather dan terjemahannya dalam bahasa indonesia. TransLing, 1(1). file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/12346550.pdf
Kuncoro, A., Erlangga, F., & Ramliyana, R. (2021, October). Kepercayaan Diri Siswa dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Ma Chung (Vol. 1, pp. 294-305). https://doi.org/10.33479/senampengmas.2021.1.1.294-305
Kurnia, I. (2017, March). EFIKASI DIRI (SELF-EFFICASY) MAHASISWA SASTRA INGGRIS DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KEBERHASILAN BELAJAR INTERACTIVE GRAMMAR. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2016/2017 (No. 1, pp. 21-35). Unsada. http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2
Leonard, (2012). Level of appreciation, self-concept and positive thinking on mathematics learning achievement. The International Journal of Sosial Sciences, 6(1), 10-17. Retrieved from: http://orcid.org/0000-0002-4282-6826.
Ningsih, R. & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754.
Oktariani, O. (2018). Peranan self efficacy dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 41-50. Retrieved from: http://ejournal.potensiutama.ac.id/ojs/index.php/KOGNISI/article/view/492.
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas IX di MTS Al Hikmah Brebes. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 51-68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04.
Prihariyani, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dengan Permainan Ular Naga Pada Siswa Kelas VIIJ Semester 2 SMPN 3 Mranggen Tahun Pelajaran 20162017. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 14(3), 157-166. http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1313
.
Rokhimah, S. (2014). Pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3). Retrieved from: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3656.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media.
Starinne, A. R., & Kurniawati, D. (2018). ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS MAHASISWA PPL PADA EFIKASI DIRI DALAM PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA PENGANTAR MENGAJAR. Prosiding SNasPPM, 3(1), 29-34
Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap kemandirian belajar siswa SMA. Infinity Journal. 2(2), 144-155. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.p144-155.
Supardi, U. S. (2014). Aplikasi statistika dalam penelitian, konsep statistika yang lebih komprehensif. Jakarta:Change Publication.
Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Masyarakat Pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61-72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673
Wahyuni, S. (2013). Hubungan efikasi diri dan regulasi emosi dengan motivasi berprestasi pada siswa SMK Negeri 1 Samarinda. Jurnal Psikologi, 1(1), 88-95. Retrieved from: http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id.
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran efikasi diri dan kemampuan berfikir positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
DOI: 10.55215/pedagonal.v6i1.4928 Abstract views : 1294 views : 480
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Natalia Tri Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.