PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANIMAKER MATERI TEKS CERAMAH KELAS XI SMK KESEHATAN BINA HUSADA
Abstract
Berdasarkan prapenelitian di SMK Kesehatan Bina Husada, ditemukan bahwa media pembelajaran di kelas jarang menggunakan teknologi dan lebih sering menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan, menyusun rancangan, mendeskripsikan kelayakan, dan menjelaskan efektivitas media pembelajaran berbasis Animaker pada materi teks ceramah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sasaran penelitian adalah kelas XI dengan 25 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi uji validasi, angket, serta pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan melalui angket kelayakan, angket respons, dan hasil pre-test serta post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Animaker pada materi teks ceramah sangat layak digunakan, dengan persentase kelayakan media sebesar 90%, kelayakan bahasa 100%, dan kelayakan materi 98%. Efektivitas media ini terlihat dari respons guru sebesar 98% dan respons siswa sebesar 94%, keduanya dalam kategori sangat efektif. Hasil belajar siswa meningkat, dengan rata-rata pre-test 69% dan post-test 89% serta N-Gain Score 1 dengan persentase 71%. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Animaker pada materi teks ceramah untuk kelas XI sangat layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta sebagai sumber media pembelajaran bagi guru.
Keywords
Animaker, media pembelajaran, teks ceramah
DOI: 10.55215/triangulasi.v4i2.5947
![](/public/site/images/putik/Graph.png)
![](/public/site/images/putik/pdf-icon.png)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.