STRATEGI KOMUNIKASI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA BOGOR DALAM PENYEBARAN INFORMASI PENGGUNAAN APLIKASI ELEKTRONIK SURAT PEMBERITAHUAN PAJAK TERUTANG (E-SPPT)
Abstract
Abstrak
Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor merupakan organisasi perangkat daerah yang mengelola perpajakan daerah, salah satunya Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Bapenda Kota Bogor mengeluarkan perubahan kebijakan pelayanan PBB-P2 dengan menggunakan aplikasi Elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (E-SPPT). Berdasarkan data, proses penyebaran informasi aplikasi E-SPPT PBB-P2 belum berjalan optimal kepada wajib pajak di Kota Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Bapenda Kota Bogor Dalam Penyebaran Informasi Penggunaan Aplikasi E-SPPT, untuk mengetahui hambatan yang di hadapi wajib pajak terhadap kebijakan penggunaan Aplikasi E-SPPT dan untuk mengetahui mekanisme penggunaan Aplikasi E-SPPT di Bapenda Kota Bogor bagi wajib pajak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data yang berasal dari data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan teori Strategi Komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan jika terdapat inovasi yang dilakukan oleh Bapenda Kota Bogor dalam penyebaran Informasi E-SPPT PBB yaitu sosialisasi secara langsung dan kontinyu, kegiatan Mobil Keliling, Pekan Panutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Operasi Sisir, dan Helpdesk. Pelaksanaan penyebaran informasi E-SPPT PBB-P2 oleh Bapenda memiliki kendala dalam pelaksanaannya baik dari internal, penggunaan media, dan eksternal. Aplikasi E-SPPT PBB dapat diakses melalui playstore dan dapat juga menggunakan website. Kata Kunci: E-SPPT PBB-2, penyebaran informasi,strategi komunikasi
References
Antara. (2020). “Efiesiensi Birokrasi, Wali Kota Bima Arya Terapkan Dua Prinsip Pelayanan
Publik.” Tempo.Co, November.
Bapenda Kota Bogor. (2017). “Regulasi.” Bapenda.Kotabogor.Go.Id.
Bapenda.kotabogor.go.id. (2018a). “PLT. KEPALA BAPENDA AJARKAN
PEMERIKSAAN PAJAK DAERAH KEPADA BAPENDA SE INDONESIA.”
Retrieved (https://bapenda.kotabogor.go.id/news/view/plt-kepala-bapenda-ajarkanpemeriksaan-pajak-daerah-kepada-bapenda-se-indonesia).
Bapenda.kotabogor.go.id. (2018b). “TRANSFORMASI PENGELOLAAN PAJAK
BAPENDA DIKAGUMI KEMENDAGRI.” Retrieved
(https://bapenda.kotabogor.go.id/news/view/transformasi-pengelolaan-pajak-bapendadikagumi-kemendagri).
Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Pt RajaGrafindo
Persada.
Irmayani, Desi. (2019). “Strategi Komunikasi Humas Untuk Meningkatkan Kesadaran
Masyarakat Terhadap Pajak.”
Kota Bogor.go.id. (2022). “E-SPPT PBB-P2 Kota Bogor Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan
Publik.” Retrieved (https://kotabogor.go.id/index.php/show_post/detail/101640/e-spptpbb-p2-kota-bogor-masuk-top-45-inovasi-pelayanan-publik).
Kusumastuti, Adhi, and Aahmad M. Khoiron. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. edited by
S. Fitratun. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Nurmalasari, Yuli, and Rizki Erdiantoro. (2020). “Perencanaan Dan Keputusan Karier:
Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier.” Quanta 4(1):44–51. doi: 10.22460/q.v1i1p1-
497.
Setneg.go.id. (2016). “Pentingnya Strategi Komunikasi Bagi Humas Pemerintah
DOI: 10.33751/wahana.v29i2.9441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.