PERENCANAAN STRATEGIS DALAM PENGEMBANGAN PAUD: PENDEKATAN ANALITIS

Suhardi Suhardi, Zakiyah Mardiyyah, Humayratun Nisa Mardhiatus Shalehah, Sylvira Allia Putri

Abstract


Perencanaan strategis dalam pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu rangkaian proses yang dirancang secara sistematis untuk menentukan arah lembaga kebijakan melalui penyusunan visi, misi, tujuan, serta langkah-langkah konkret guna mendorong peningkatan kualitas pendidikan secara optimal dan efisien. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengeksplorasi pengertian, ciri-ciri utama, tahapan pelaksanaan, dan dampak dari penerapan strategi perencanaan dalam konteks pengembangan kualitas PAUD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur dari berbagai referensi ilmiah yang relevan. Hasil temuan menunjukkan bahwa strategi perencanaan yang dijalankan secara tepat memiliki sifat kolaboratif, fleksibel, menyeluruh, dan fokus pada penguatan sumber daya manusia. Strategi proses ini meliputi identifikasi permasalahan, analisis kondisi internal dan eksternal, penetapan visi dan misi, penyusunan program kerja, serta penyusunan dokumen perencanaan. Dampak dari implementasi strategi ini tercermin dalam peningkatan kualitas lembaga, seperti efisiensi manajerial, peningkatan kapasitas tenaga pendidik, sinergi dengan pemangku kepentingan, serta peningkatan daya saing. Berdasarkan studi kasus di beberapa PAUD, pendekatan strategi yang konsisten dan berbasis analisis seperti SWOT dan PESTEL terbukti dapat memperkuat keinginan dan menyesuaikan arah pendidikan dengan dinamika zaman. Oleh karena itu, perencanaan strategis bukan hanya sebatas dokumen administratif, melainkan merupakan pilar utama dalam mewujudkan pengelolaan PAUD yang bermutu dan berdaya saing.


Keywords


Kata Kunci: strategi perencanaan, kualitas PAUD, tata kelola pendidikan, pengembangan lembaga, manajemen pendidikan anak usia dini

References


REFERENSI

Mar’atus Sholihah. (2024). Manajemen Pembelajaran di PAUD An Nisa Tegaldlimo Banyuwangi (Vol. 7, No. 1, pp. 101–110). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Setiawati, T. (2023). Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini RA Hidayatullah, Belu, NTT. Universitas Terbuka.

Aulia, R., & Ngaisah, N. C. (2023). Strategi Manajemen Pembelajaran PAUD Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 132–140.

Wiyani, N. A. (2023). Kompetisi dan Strategi Pengembangan Lembaga PAUD Islam Berdaya Saing di TK Islam Al-Irsyad Banyumas. Jurnal Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 10(1), 65–75.

Mariani, A. (2023). Strategi Perencanaan Pengelolaan PAUD melalui Peningkatan Kompetensi Guru di TK Tunas Harapan I Waru. Journal on Education, 6(1), 4571–4577.

Ngaisah, N. C. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid 19. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 38-48.

Wiyani, N. A. (2016). Kompetisi dan Strategi Pengembangan Lembaga PAUD Islam Berdaya Saing di TK Islam Al Irsyad Banyumas. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 53-74.

Setiawati, T. (2018). MANAJEMEN STRATEGIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI RA HIDAYATULLAH, BELU, NTT.

Mahdayani, P., Mariani, A., & Afendi, H. A. R. (2023). STRATEGI PERENCANAAN PENGELOLAAN PAUD MELALUI KEMAMPUAN KOMPETENSI GURU DI TK TUNAS HARAPAN I WARU. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 1(2), 201-209.

Sardjunani, N. (2013). Studi strategi pengembangan anak usia dini di Indonesia.

Firman, F., & Ali, U. (2023). Similarity of Perencanaan Strategis dalam Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Arnita Niroha Halawa dan Dety Mulyanti. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan Dan Pembelajaran.” Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa 2 (2): 57–64. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.757.

Dhuka, Moh Nur. t.t. “PERENCANAAN STRATEGIS MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Journal of Industrial Engineering.

Elytasari, Suvidian, dan M Pd. t.t. “STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN (TRUST) STAKEHOLDERS di TK AMAL INSANI DEPOK YOGYAKARTA.”

Hermawan, Aprilianti Putri, Fathimah Azzahra, Adelia Shafwa Hanifa, Asyabillah Muhaimin, dan Deniz Ma’rifah. t.t. “PERAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PAUD.”

Hidayati, Ani. 2022. “Analisis Perencanaan Strategi Pada Raudhatul Athfal (RA) Al-Falah.” ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting 3 (2): 399–409. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i2.522.

Rahmawati, Rahmawati, Qatrunnada Widhia Nugraha, Rina Agustina, Rini Anjani, Riska Riska, dan Asep Kadarohman. 2024. “Optimalisasi Potensi Pendidikan Melalui Analisis SWOT dari Perspektif Guru dan Peserta Didik: Optimalisasi Potensi Pendidikan Melalui Analisis SWOT dari Perspektif Guru dan Peserta Didik.” KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 4 (1): 37–47. https://doi.org/10.62159/kenduri.v4i1.1252.

Wowor, Josephin, dan Windy Maria Walphin Palit. t.t. “Analisis SWOT sebagai Strategi dalam Peningkatan Daya Saing Lembaga PAUD di TK Permata Kasih Balikpapan.”

Yusril, M., Kamaruddin, K., & Andriani, S. (2022). Konsep perencanaan strategis di lembaga pendidikan. Nazzama: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 245–258

Firman, F., & Ali, U. (2021). Perencanaan strategis dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 15–26.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v13i2.12253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.