Studi Fenomenologi Pengalaman Belajar Peserta MOOCS Manajemen Kemasjidan Di Laman Pintar Pusbangkom SDM Kemenag

Rizka Auliya Salsabila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengalaman belajar peserta dengan menggunakan media video pembelajaran dalam mengikuti pelatihan Massive Open Online Courses (MOOC) Manajemen Kemasjidan di laman PINTAR Pusbangkom SDM Kemenag. Media video pembelajaran telah menjadi sarana yang kerap digunakan diberbagai kalangan dan juga dirasa efektif guna untuk mendukung pembelajaran diberbagai konteks, termasuk dalam konteks pelatihan profesional seperti MOOC. Pentingnya mengetahui perspektif peserta dalam menggunakan media video pembelajaran, dapat dijadikan sebagai masukan dan perbaikan di masa depan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dalam pendekatan studi fenomenologi, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara secara mendalam dengan Widyaiswara, PPID Balai Diklat Keagamaan Semarang serta peserta pelatihan MOOC Manajemen Kemasjidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta memiliki motivasi yang kuat untuk mengikuti pelatihan, mengalami berbagai kendala, dan merasakan dampak positif dari pelatihan terhadap pengelolaan masjid. Saran yang didapatkan melalui pelatihan ini adalah peserta berharap mendapatkan wadah maupun forum yang disediakan PINTAR Pusbangkom SDM Kemenag sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan peserta lain maupun dengan instruktur dari MOOC

Keywords


Massive Open Online Courses; pengalaman belajar; PINTAR Pusbangkom SDM Kemenag

References


Aisyah, D., & Febriyenti, F. (2022). Penggunaan media video dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di sekolah. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1(2), 32–37. https://doi.org/10.24036/jpol.v1i2.14

Cale, W., & Barroso, U. (2024). The Effectiveness of Interactive Videos in Increasing Student Engagement in Online Learning, 2(October), 244–258.

Grata Putra, Y., & Sutabri, T. (2024). Evaluasi Layanan Mooc Aplikasi Pintar Menggunakan Framework Itil V4 Pada Pusdiklat Teknis Kemenag Ri, 2(7), 573–586.

Li, Y., Meng, S., Zhang, X., Wang, S., & Wang, Y. (2015). User-generated Video Quality Assessment : A Subjective and Objective Study, 14(8), 1–11.

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Prilianti, R. (2018). Evaluasi Penyelenggaraan Diklat Teknis Substantif Multimedia bagi Guru Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Semarang. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(1), 187–205. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.54

Qowaid, Q. (2012). Evaluasi Diklat Jarak Jauh Pada Balai Diklat Keagamaan Semarang. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 10(3), 313–328. https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.166


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v13i2.12454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.