Peran Emosi Sebagai Mediasi Pengaruh Antara Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Sosial

Emilda Oktavia, Ike Kusdyah R, Yunus Handoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku sosial anak usia dini dengan emosi sebagai variabel mediasi. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 60 guru PAUD Palm Kids Palembang sebagai responden. Instrumen penelitian dikembangkan berdasarkan indikator pendidikan karakter, emosi, dan perilaku sosial anak. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan analisis mediasi dengan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi dan perilaku sosial. Selain itu, emosi juga berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial. Uji mediasi menunjukkan bahwa emosi memediasi secara signifikan pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku sosial anak. Dengan demikian, pendidikan karakter tidak hanya berdampak langsung pada perilaku sosial anak, tetapi juga secara tidak langsung melalui penguatan emosi. Hasil penelitian ini menggarisbawahi pentingnya integrasi pengembangan karakter dan emosi dalam pembelajaran anak usia dini guna membentuk perilaku sosial yang positif.


Keywords


Pendidikan Karakter; Emosi; Perilaku Sosial; Anak Usia Dini.

References


Aini, N., & Wulandari, D. (2023). Kemampuan regulasi emosi dan pengaruhnya terhadap perilaku sosial anak usia dini. Jurnal Psikologi Anak Usia Dini, 7(1), 45–56. https://doi.org/10.1234/jpaud.v7i1.1234

Ambarwati, H. (2024). Analisis Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28-45.

Ashdown, D., & Bernard, M. (2012). Can Explicit Instruction in Social and Emotional Learning Skills Benefit the Social-Emotional Development, Well-being, and Academic Achievement of Young Children. Early Childhood Education Journal, 39, 397-405. https://doi.org/10.1007/S10643-011-0481.

Blewitt, C., Fuller‐Tyszkiewicz, M., Nolan, A., Bergmeier, H., Vicary, D., Huang, T., McCabe, P., McKay, T., & Skouteris, H. (2018).

Social and Emotional Learning Associated With Universal Curriculum-Based Interventions in Early Childhood Education and Care Centers. JAMA Network Open, Vol.1. https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2018.5727.

Cappelen, A., List, J., Samek, A., & Tungodden, B. (2020). The Effect of Early-Childhood Education on Social Preferences. Journal of Political Economy, 128, 2739 - 2758. https://doi.org/10.1086/706858.

Chotimah, K., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 391-404.

Denham, S. A., Blair, K. A., Demulder, E., Levitas, J., Sawyer, K., Auerbach-Major, S., & Queenan, P. (2003). Preschool Emotional Competence: Pathway to Social Competence? Child Development, 74(1), 238–256. https://doi.org/10.1111/1467-8624.00533.

Dewi, R. A., & Fitria, Y. (2023). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Moral dalam Meningkatkan Regulasi Emosi dan Perilaku

Durlak, J., Mahoney, J., & Boyle, A. (2022). What we know, and what we need to find out about universal, school-based social and emotional learning programs for children and adolescents: A review of meta-analyses and directions for future research. Psychological Bulletin. 148(11/12):765–782. https://doi.org/10.1037/bul0000383.

Ering, A., & Mandey, A. (2024). Pendidikan Karakter dan Kepribadian Anak Usia Dini dalam Pembelajaran. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 5(1), 27-35.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BPUNDIP.

Gormley, W., Phillips, D., Newmark, K., Welti, K., & Adelstein, S. (2011). Social-Emotional Effects of Early Childhood Education Programs in Tulsa. Child development, 82 6, 2095-109. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2011.01648.x.

Hasanah, N., & Yusuf, M. (2022). Peran Mediasi Emosi dalam Hubungan antara Pendidikan Karakter dan Kemampuan Sosial Anak. Jurnal Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 210–219. https://doi.org/10.14421/jga.2022.63-05

Idris, F., Rahman, N. M. N. A., Hassan, M. E. M., Aminudin, N., & Alolayyan, M. N. (2013). Validating dimensions of operations flexibility in Malaysian service firms: a confirmatory factor analytics approach. International Journal of Services and Operations Management, 14(1), 79-94.

Khadijah, M. A. (2024). Urgensi Pengembangan Sosial Emosional Bagi Anak Usia Dini. Merdeka Kreasi Group.

Latifah, S., & Ramli, M. (2022). Peningkatan perilaku prososial anak melalui pelatihan emosi berbasis bermain peran dan ekspresi wajah. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 89–100.

Lickona, T. (2001). What is effective character education. Tersedia secara online juga di: http://www. mtsm. org/pdf/What% 20is% 20Effective% 20Character% 20Education. pdf [diakses di Bandung, Indonesia: 16 September 2015].

Manurung, D. V., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2024). Peran Guru Sosiologi dalam Mengimplementasikan Nilai Pendidikan Karakter, Toleransi dan Peduli Sosial Melalui Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 95 Jakarta. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), 714-722.

Mulyono, I. U. W., Susanto, A., Rachmawanto, E. H., & Fahmi, A. (2019, September). Performance analysis of face recognition using eigenface approach. In 2019 International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (iSemantic) (pp. 1-5). IEEE.

Nasution, T. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Nasaruddin, N., & Fitri, R. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak TK. ALENA: Journal of Elementary Education, 2(2), 212-222.

Ndari, S. S., Vinayastri, A., & Masykuroh, K. (2019). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Nurhayati, S., & Firmansyah, R. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Regulasi Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 45–55. https://doi.org/10.21009/JPUD.2023.1201.05

Rachmawati, I. K., Pradiani, T., Alamsyah, A. R., Hadi, A., & Hidayatullah, S. (2024). Application of the Pieces Framework Method in the Analysis of User Satisfaction Levels of Oasis Application Services. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 102(24), 9041–9047.

Rahman, R. N., Sundawa, D., & Ratmaningsih, N. (2025). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Kegiatan Parents Day. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 565-574.

Rohmah, R. M. R., & Azizah, R. (2023). Peran Pendidikan Holistik Bagi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 154-165.

Saputri, A. N., Setiawan, A., & Nugroho, W. (2023). Pengaruh Role Playing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 25-34.

Sari, P. M., & Nugraheni, M. D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini di PAUD. Jurnal Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.14421/jga.2023.81-02

Setyawati, D., Wuryandani, W., & Sulasmi, E. (2022). Model Pembelajaran Karakter Berbasis Permainan Edukatif untuk Mengembangkan Emosi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2794–2805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2049

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-22. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61.

Yakup, R., & Suyadi, S. (2023). Otak Karakter: Model Pendidikan Karakter Berbasis Neurosains. Gema Wiralodra, 14(1), 228-236.

Yuliana, D. R. R., Hawanti, S., & Wijayanti, O. (2018). Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas Melalui Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Tematik, 9(2), 109-114.

Yuliani, E., & Ramadhani, D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Cerita dan Kegiatan Kelompok terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1805–1813.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1789

Walog, R., Revalde, H., Duites, A., Opingo, K., Mangubat, R., & Espina, R. (2024). Building Social-Emotional Foundations in Early Childhood Education: Approaches and Outcomes. Journal of Humanities and Social Studies. https://doi.org/10.32996/jhsss.2024.6.9.16.

Wulandari, Y., Sartika, E. D., & Perawati, P. (2018). Strategi kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan mutu pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 126-136.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jmp.v13i2.12500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.